Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang
Abstract
Skripsi ini menjelaskan mengenai pembinaan karakter religius pada siswa MTs Raudlatul Ulum Karangploso Kab Malang, pembinaan adalah segala ikhtiar yang berhubungan dengan perencanaan segala sesuatu secara teratur serta pengendalian yang terarah menjadi lebih baik, tujuan adanya pembinaan karakter religius siswa di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Kab Malang adalah untuk membina karakter religius siswa agar nantinya siswa memiliki akhlakul karimah dan berbudi pekerti yang baik untuk bekal dalam hidup bermasyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan :1) bagaimana proses pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Kab Malang, 2) faktor pendukung dan penghambat pembinaan karakter religius siwa di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Kab Malang.
Pendekatan penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan melakukan studi lapangan melalui : observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah MTs Raudlatul, waka kurikulum, waka kesiswaan, pembina BBQ, dan siswa MTs Raudlatul Ulum Karangploso. Teknik analisis datanya menggunakan: Kondensasi data, Penyajian data, Verivikasi dan Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Kab Malang menunjukkan. 1) Proses pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MTs Raudlatul Ulum dilaksanakan melalui tiga metode: a) metode pembiasaan beribadah, dengan sholat
dhuha berjamaah, BBQ, dan sholat dzuhur berjamaah,istighotsah. b) metode pembiasaan kedisiplinan, c) metode kerjasama antara guru dan orang tua. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MTs Raudlatul Ulum Karangploso Kab Malang: a) faktor pendukung dalam pembinaan karakter religius siswa adalah antusias siswa dalam mengikuti kegiatan yang diadakan di sekolah, kekompakan guru dalam membimbing siswa, semangat dan dukungan orang tua siswa, serta sarana dan prasarana dalam membina karakter religius pada siswa. b) faktor penghambat dalam pembinaan karakter religius adalah kurangnya kesadaran diri siswa, lingkungan tempat tinggal siswa yang kurang baik.
Kata Kunci : Pembinaan Karakter, Religius, Kegiatan Keagamaan