Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SMA AN-NUR Bululawang
Abstract
Ajaran Akidah akhlak dimaksudkan untuk membantu setiap santri tumbuh secara moral dan mendukung iman mereka. Pemanfaatan sarana dan prasarana akan membantu keberhasilan pembelajaran ini. bahan pembelajaran, serta alat, media, dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa. Jika materi dirancang sesuai dengan pendekatan pembelajaran yang dipilih, maka proses pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan memudahkan penyampaian materi. Komponen penting dari kehidupan sosial adalah pendidikan moral. Karena jika budi pekerti atau akhlak mulia seorang siswa tidak dilandasi dengan itu, secerdas apapun atau setinggi apapun tingkat kecerdasannya, tidak akan mencerminkan kepribadian yang baik di kemudian hari.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang ditinjau untuk menggambarkan dan menganalisis fenomena, peristiwa, kegiatan sosial, sikap, keyakinan, persepsi, pemikiran orang secara individu atau kelompok atau metode penelitian yang mengintegrasikan dengan situasi dan fenomena. dipelajari. Penelitian ini berfokus pada upaya guru menciptakan strategi pembelajaran akhlak akidah yang efektif, upaya guru menerapkan metode pembelajaran yang menarik, dan upaya guru menciptakan hubungan yang responsif antara guru dan siswa di SMA An-Nur Bululawang. Proses pembelajaran Akidah akhlak di SMA An Nur Bululawang termasuk kategori baik, efektif, dan sesuai dengan standar pendidikan.
Hasil penelitian yang dihasilkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi menunjukkan upaya yang dilakukan guru dalam rangka menciptakan suasana kelas yang menyenangkan pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas X, maka terdapat sistem pengelolaan kelas yang sepenuhnya diberikan kepada masing-masing guru mata pelajaran secara leluasa. Variasi metode yang digunakan guru akidah akhlak di SMA An-Nur Bululawang juga beragam, diantaranya dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, melibatkan panca indra, juga pemberian reward atas siswa yang berhasil atas sebuah pencapaian. Upaya guru dalam menciptakan persaingan dan kerjasama adalah dengan cara mengikutsertakan siswa dalam segala sesuatu yang berkaitan dengan kelas.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pendidikan, Akidah Akhlak