Pengelolaan Self Control dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari
Abstract
Kontrol diri merupakan suatu kecakapan individu dalam kepekaan membaca situasi diri dan lingkungannya. Selain itu, juga kemampuan untuk mengontrol dan mengelola faktor- faktor perilaku sesuai dengan situasi dan kondisi untuk menampilkan diri dalam melakukan sosialisasi kemampuan untuk mengendalikan perilaku, kecenderungan menarik perhatian, keinginan mengubah perilaku agar sesuai untuk orang lain, menyenangkan orang lain, selalu conform dengan orang lain, dan menutupi perasaannya. Fokus dalam penelitian ini yaitu bagaimana aspek-aspek self control yang dimiliki siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari, bagaimana pengelolaan self control siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari dan bagaimana implikasi pengelolaan self control dalam meningkatkan Religiusitas siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek-aspek self control yang dimiliki siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari, untuk menjelaskan pengelolaan self control siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari dan implikasi pengelolaan self control dalam meningkatkan Religiusitas siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti mendapatkan data-data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari. Kemudian peneliti menggunakan metode analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, terdapat hasil penelitian ini yaitu aspek-aspek self control yang dimilki siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari diantaranya : aspek kedisiplinan, aspek kebiasaan sehat, aspek etika kerja, dan aspek keandalan. Upaya sekolah dalam mengelola self control siswa melalui berbagai program kegiatan yaitu melalui penerapan keteladanan, pengembangan diri dan pembinaan serta kegiatan keagamaan. Implikasi dari pengelolaan self control dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMA Al-Ma’arif Singosari yaitu meningkatnya nilai-nilai moral, disiplin diri, dan kemampuan siswa untuk mengendalikan diri serta bertanggung jawab dan memiliki sikap sosial yang baik.
Kata Kunci : Self Control, Religiusitas