Model Pendidikan Keluarga dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Pada Anak Usia Dini di Kelurahan Tunggulwulung Kota Malang
Abstract
Pendidikan akhlakul karimah merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia, karena di dalamnya mengkaji serta membahas mengenai tingkah laku sehari-hari. Sikap akhlakul karimah tidak muncul secara tiba-tiba tanpa adanya proses pendidikan, oleh karena itu menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah sebaiknya dimulai sejak usia dini. Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan anak, karena tugas orang tua tidak hanya mengasuh dan merawat saja melainkan juga mendidik. Namun, kehidupan modern seringkali penuh dengan aktivitas serta tanggung jawab yang dapat membatasi waktu bersama anak. Tuntutan pekerjaan yang tinggi dan tekanan untuk mecapai kehidupan yang sukses menjadi penyebab minimnya interaksi dengan anak.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana model pendidikan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada anak usia dini di Kelurahan Tunggul Wulung Rt 06 Rw 02 Malang, (2) Apa saja masalah atau kesulitan yang dihadapi keluarga dalam menerapkan model pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada anak usia dini di Kelurahan Tunggul Wulung Rt 06 Rw 02 Malang, dan (3) Bagaimana hasil pendidikan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada anak usia dini di Kelurahan Tunggul Wulung Rt 06 Rw 02 Malang.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat ditarik keismpulan bahwa model pendidikan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah pada anak usia dini di Kelurahan Tunggul Wulung Rt 06 Rw 02 Malang adalah sebagai berikut: (1) Model yang digunakan keluarga adalah model pembiasaan, nasihat, suri teladan (contoh yang baik), targhib dan tarhib (janji dan hukuman). Yang mana model pendidikan keluarga sangat bervariasi tergantung dengan kepribadian anak, (2) Masalah atau kesulitan yang dihadapi keluarga dalam menerapkan model pendidikan akhlak yakni adanya pengaruh dari faktor lingkungan tempat tinggal, keluarga, serta media sosial, (3) Hasil pendidikan keluarga dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah yaitu menguatnya kedisiplinan, berbakti kepada orang tua (birrul walidain), meningkatnya kepedulian sosial, serta semakin menguatnya akhlakul karimah anak.
Kata Kunci: Model Pendidikan, Akhlakul Karimah, Anak Usia Dini