dc.description.abstract | Pembelajaran kitab kuning ini dibilang unik dan sudah jarang dilakukan pada lembaga pendidikan formal. Karena biasanya kitab kuning dikaji di dunia pesantren. Madrasah Aliyah (MA) Nurul Istiqomah, Wonorejo Lumajang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bernaungan pada sebuah yayasan islam yang berbasis pesantren yang saat ini berkembang dan berupaya terus dalam berbenah diri terutama dalam menggali ilmu-ilmu ke-Islaman. Kemudian nilai-nilai pendidikan islam di madrasah tersebut dilakukan dengan menerapkan program unggulan pembelajaran kitab kuning yang dijadikan sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan baca kitab kuning siswa di Madrasah Aliyah Nurul Istiqomah. Dengan adanya penerapan program unggulan pembelajaran kitab kuning tersebut pastinya bisa memberikan dampak baik terhadap kemampuan siswa dalam membaca kitab kuning.
Dari konteks penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah yakni tentang bagaimana kondisi siswa dalam kemampuan baca kitab kuning, bagaimana implementasi program unggulan pembelajaran kitab kuning dan bagaimana efektivitas pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah Nurul Istiqomah Wonorejo Lumajang. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi siswa dalam kemampuan baca kitab kuning, bagaimana implementasi program unggulan pembelajaran kitab kuning dan bagaimana efektivitas pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah Nurul Istiqomah Wonorejo Lumajang. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus, yang menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, ustadz pengajar pembelajaran kitab kuning, dan siswa. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan berbagai langkah dengan teori yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana.
Dari hasil penilaian menunjukan bahwa kemampuan siswa Madrasah Aliyah Nurul Istiqomah Wonorejo Lumajang yang mengikuti program unggulan pembelajaran kitab kuning sudah bisa dikatakan mampu membaca kitab kuning sekalipun masih belum mencapai tingkat kemaksimalan dengan kriteria yang ditetapkan oleh ustadz pengajar. Dalam pengimplementasian pembelajaran kitab kuning menggunakan metode sorogan dan metode badongan. Program unggulan pembelajaran kitab kuning yang diterapkan di Madrasah Aliyah Nurul Istiqomah dapat dikatakan sudah efektif karena guru atau ustadz pengajar memiliki kemampuan dalam menejerial dan penguasaan materinya bagus yang membuat siswa cepat mengerti dan memahami materi yang di jelaskan sehingga siswa lebih mudah dan cepat meningkatkan kemampuannya membaca kitab kuning.
Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Kuning, Kemampuan Baca Kitab Kuning | en_US |