View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Program Unggulan Pembelajaran Kitab Kuning Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Kitab Kuning Siswa di MA Nurul Istiqomah Wonorejo Lumajang

Thumbnail
View/Open
Publish (2.466Mb)
Fulltext (2.261Mb)
Date
2023-06-18
Author
Agung, Rohman
Metadata
Show full item record
Abstract
Pembelajaran kitab kuning ini dibilang unik dan sudah jarang dilakukan pada lembaga pendidikan formal. Karena biasanya kitab kuning dikaji di dunia pesantren. Madrasah Aliyah (MA) Nurul Istiqomah, Wonorejo Lumajang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bernaungan pada sebuah yayasan islam yang berbasis pesantren yang saat ini berkembang dan berupaya terus dalam berbenah diri terutama dalam menggali ilmu-ilmu ke-Islaman. Kemudian nilai-nilai pendidikan islam di madrasah tersebut dilakukan dengan menerapkan program unggulan pembelajaran kitab kuning yang dijadikan sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan baca kitab kuning siswa di Madrasah Aliyah Nurul Istiqomah. Dengan adanya penerapan program unggulan pembelajaran kitab kuning tersebut pastinya bisa memberikan dampak baik terhadap kemampuan siswa dalam membaca kitab kuning. Dari konteks penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah yakni tentang bagaimana kondisi siswa dalam kemampuan baca kitab kuning, bagaimana implementasi program unggulan pembelajaran kitab kuning dan bagaimana efektivitas pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah Nurul Istiqomah Wonorejo Lumajang. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi siswa dalam kemampuan baca kitab kuning, bagaimana implementasi program unggulan pembelajaran kitab kuning dan bagaimana efektivitas pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah Nurul Istiqomah Wonorejo Lumajang. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus, yang menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, ustadz pengajar pembelajaran kitab kuning, dan siswa. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan berbagai langkah dengan teori yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Dari hasil penilaian menunjukan bahwa kemampuan siswa Madrasah Aliyah Nurul Istiqomah Wonorejo Lumajang yang mengikuti program unggulan pembelajaran kitab kuning sudah bisa dikatakan mampu membaca kitab kuning sekalipun masih belum mencapai tingkat kemaksimalan dengan kriteria yang ditetapkan oleh ustadz pengajar. Dalam pengimplementasian pembelajaran kitab kuning menggunakan metode sorogan dan metode badongan. Program unggulan pembelajaran kitab kuning yang diterapkan di Madrasah Aliyah Nurul Istiqomah dapat dikatakan sudah efektif karena guru atau ustadz pengajar memiliki kemampuan dalam menejerial dan penguasaan materinya bagus yang membuat siswa cepat mengerti dan memahami materi yang di jelaskan sehingga siswa lebih mudah dan cepat meningkatkan kemampuannya membaca kitab kuning. Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Kuning, Kemampuan Baca Kitab Kuning
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7743
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group