Implementasi Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 2 Kepanjen
Abstract
Konteks penelitian masalah ini adalah perubahan kurikulum baru “merdeka belajar”. Kurikulum merdeka belajar ini membuat pendidik harus mengubah mindset. Dimana pendidik mengajar selama ini menggunakan pendekatan yang sama menjadi mentor atau fasilitator. Dengan bertujuan mampu mewujudkan peserta didik sebagai pembelajar yang mandiri sepanjang waktu. Terdapat juga peserta didik yang belum bisa memilih secara mandiri apa yang akan mereka pelajari nantinya. Penerapan kurikulum merdeka ini masih sangat baru dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kepanjen. Para pendidik masih mengalami adaptasi dalam menerapkan pada mata pelajaran PAI & Budi Pekerti. Terdapat beberapa perubahan baik dalam administrasi pembelajaran maupun dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI & Budi Pekerti dalam mengembangkan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Kepanjen? Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI & Budi Pekerti dalam mengembangkan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Kepanjen? Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI & Budi Pekerti dalam mengembangkan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Kepanjen?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi partisipasif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan menggunakan data perpanjangan pengamatan, triangulasi dari triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu) dan menggunakan bahan referensi.
Pada penelitian ini, penulis menemukan beberapa hasil dalam tiga fokus penelitian yaitu: Pertama perencanaan, dalam tahap perencanaan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh pendidik sebelum melakukan implementasi pembelajaran PAI & Budi Pekerti dalam mengembangkan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Kepanjen adalah mengikuti pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran, menyusun dan membuat perangkat pembelajaran (ATP, Prota, Promes, Modul Pembelajaran dan Alokasi Waktu), materi pembelajaran yang sesuai dengan profil pelajar pancasila, metode dan strategi, media, alat dan sumber pembelajaran. Kedua pelaksanaan, dalam tahap pelaksanaan implementasi pembelajaran PAI & Budi Pekerti dalam mengembangkan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Kepanjen dapat disimpulkan bahwasannya pendidik di SMP Negeri 2 Kepanjen menggunakan alur MERRDEKA (mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, refleksi terbimbing, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, aksi nyata) dalam melaksanakan tiga tahap pelaksanaan pembelajaran PAI & Budi Pekerti yaitu: Kegiatan pendahuluan, Kegiatan inti dan Kegiatan penutup. Ketiga evaluasi, tahap evaluasi implementasi pembelajaran PAI & Budi Pekerti dalam mengembangkan kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 2 Kepanjen yang dilakukan oleh pendidik yaitu ada dua tahap: pertama penilaian formatif dan yang kedua penialian sumatif.
Kata Kunci: Implementasi, PAI dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka Belajar