Pengaruh Pembelajaran Jigsaw dengan Berbantuan Uno Staco terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 7 di SMPI Nurul Huda Malang
Abstract
Minat belajar adalah dorongan dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang membuatnya tertarik dan senang dalam mengikuti pembelajaran. Minat belajar sangat penting dalam proses pembelajaran, maka dari itu minat belajar harus ada pada siswa di sekolah SMPI Nurul Huda Malang, hal tersebut juga merupakan faktor terpenting dalam memenuhi respon baik siswa dalam menerima pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Sehingga menjadikan pembelajaran yang efektif dan menjadikan siswa aktif di dalam kelas. Pembelajaran efektif itu yang harus ditingkatkan untuk menimbulkan rasa minta belajar pada diri peserta didik di SMPI Nurul Huda Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh pembelajaran jigsaw dengan berbantuan permaianan uno staco terhadap minat belajar siswa kelas 7di SMPI Nurul Huda Malang, dengan tiga fokus penelitian yakni: pertama, apakah terdapat pengaruh pembelajaran jigsaw dengan berbantuan permainan uno staco tehadap minat belajar siswa kelas 7, kedua, bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran jigsaw dengan berbantuan uno staco, ketiga, apakah hasil belajar siswa memenuhi penilaian kriteria ketuntasan minimum saat pembelajaran menggunakan jigsaw dengan berbantuan permainan uno staco . penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket untuk minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan angket respon siswa terhadap pembelajaran jigsaw dengan berbantuan permaianan uno staco.Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi empat tahap yakni: pengumpulan data, paparan data, temuan penelitian dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, adanya pengaruh pembelajaran jigsaw dengan berbantuan permaianan uno staco terhadap minat belajar siswa dilihat dari nilai analisis yang telah dilakukan. Kedua, adanya respon baik dari siswa kelas eksperimen setelah diberi perlakuan pembelajaran jigsaw dengan berbantuan permaianan uno staco terhadap minat belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dapat dikategorikan memuaskan. Ketiga, setelah adanya pengaruh dan mendapatkan respon baik dari siswa, pembelajaran jigsaw dengan berbantuan permaianan uno staco juga membantu siswa untuk mendapatkan hasil beljar yang baik, terbukti dari pembagian soal pada kelas ekperimen yang mayoritas siswa mendapatkan nilai diatas ktiteria ketuntasan minimum.
Kata Kunci: Jigsaw, Uno Staco, Minat Belajar