Implementasi Nilai-Nilai Tasamuh dalam Pembelajaran PAI di Sma Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi
Abstract
Dalam pendidkan Islam, agama merupakan salah satu aspek yang sangat penting ditanamkan dalam proses pembelajaran kepada peserta didik. Pendidikan agama islam tidak hanya mengajarkan materi atau konsep untuk sekedar dipahami oleh peserta didik, melainkan meningkatkan pada penghayatan serta pengalaman dalam kehidupa sehari-hari. Konsep Pendidikan islam tidak terlepas dari konsep ke-Tuhanan karena segala sesuatunya didasarkan kepada sang pencipta. Dengan Pendidikan, anak-anak bangsa menjadi lebih bijaksana dalam menghadapi permasalahan di masyarakat, terumtama permasalahan terkait interaksi dengan sesame manusia. Salah satu permasalahan yang muncul dipesantren pada saat ini adalah banyaknya geng-gengan dalam berteman. Hal itulah yang membuat terjadinya perpecahan dalam pertemanan dan membuat temannya malas atau tidak mau melihat geng tersebut, oleh karena itulah diperlukan penanaman nilai-nilai tawasuth dalam pembelajaran PAI dengan harapan nilai tersebut bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Dari latar belakang tersebut, maka peneliti merumuskan fokus penelitian yaitu (1) Bagaimana perencanaan implementasi nilai-nilai tasamuh dalam pembelajaran PAI. (2) Bagaimana penerapan implementasi nilai-nilai tasamuh dalam pembelajaran PAI. (3) Apa factor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai tasamuh dalam pembelajaran PAI. Tujuan peneliti adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi nilai-nilai tasamuh dalam pembelajaran PAI. (2) untuk mendeskripsikan penerapan implementasi nilai-nilai tasamuh dalam pembelajaran PAI.(3) untuk mendeskripsikan factor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai tasamuh dalam pembelajaran PAI.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif . Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di sekolah tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa , implementasi nilai nilai tasamuh dalam pembelajaran PAI di SMA Al-Rifa’ie Satu Gondanglegi dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai tawasuth dalam pembelajaran, dan pengajaran akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari, penerapan metode dalam proses pembelajran untuk menanamkan nilai-nilai tasamu sudah berjalan dengan maksimal. Guru Pai menerapkan metode ceramah, namun terkadang bermacam metode juga diterpakan dalam pembelajaran PAI, hal ini terjadi karena guru tidak ingin murid memiliki rasa belajar yang cepat bosan dalam menerima suatu pembelajaran, tidak hanya metode ceramah tetapi juga metode tanya jawab, metode pembiasaan, metode diskusi. Factor pendukung dan penghambatnya yanki nalam pembelajaran itu sendiri guru bisa membawa pembelajaran menjadi menarik. Dengan adanya pendukung yang lain seperi adanya madrasah diniyah dan lingkungan sekolah didalam pesantren, factor penghambat antara lain pembelajaran yang disampaikan guru, Ketika pembelajaran yang disampaikan guru susah di pahami oleh siswa maka, pembelajaran juga akan kurang maksimal.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Tasamuh, Pembelajaran PAI