View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pemanfaatan Google Classroom terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (2.190Mb)
Fulltext (5.148Mb)
Date
2023-07-14
Author
Afandi, Rakhmad Galih
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan pada era sekarang tidak lepas dari yang namanya perkembangan teknologi antara lain gadget, dalam gadget terdapat banyak sekali aplikasi yang sangat membantu apalagi dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah aplikasi Google Classroom yang dimanfaatkan untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Malang. Dari latar belakang diatas maka peneliti mendeskripsikan fokus masalah mengenai pemanfaatan Google Classroom dan juga efektifitas pemanfaatan Google Classroom dengan tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan dan mengetahui efektifitas dari pemanfaatan Google Classroom terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya dalam aspek akhlak di SMAN 2 Malang Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut maka prosesnya dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik atau prosedur pengambilan data yang digunakan adalah dengan metode observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung kemudian menggunakan metode wawancara yaitu mewawancarai responden serta dengan metode dokumentasi yaitu mengambil data pada objek atau lokasi penelitian Hasil dari penelitian ini bahwa pemanfaatan Google Classroom pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Malang dimanfaatkan untuk membagikan dan mengakses materi pembelajaran yang tidak ada di buku pedoman atau buku pegangan peserta didik serta digunakan untuk pengumpulan beberapa tugas seperti ulangan harian, merangkum materi sampai remidial dan memiliki kelebihan mudah diakses serta dapat membantu guru jika berhalangan hadir, yang menjadi kekurannya adalah jaringan internet, kapasitas smartphone serta kurangnya interaksi secara langsung yang membuat kualitas akhlak peserta didik cenderung menurun ketika teralalusering digunakan karena tidak adanya interaksi secara langsung antara peserta didik dan tenaga pendidik. Kata Kunci: Pemanfaatan Google Classroom, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7763
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group