Pemanfaatan Google Classroom terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Malang
Abstract
Pendidikan pada era sekarang tidak lepas dari yang namanya perkembangan teknologi antara lain gadget, dalam gadget terdapat banyak sekali aplikasi yang sangat membantu apalagi dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah aplikasi Google Classroom yang dimanfaatkan untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Malang. Dari latar belakang diatas maka peneliti mendeskripsikan fokus masalah mengenai pemanfaatan Google Classroom dan juga efektifitas pemanfaatan Google Classroom dengan tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan dan mengetahui efektifitas dari pemanfaatan Google Classroom terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya dalam aspek akhlak di SMAN 2 Malang
Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut maka prosesnya dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik atau prosedur pengambilan data yang digunakan adalah dengan metode observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung kemudian menggunakan metode wawancara yaitu mewawancarai responden serta dengan metode dokumentasi yaitu mengambil data pada objek atau lokasi penelitian
Hasil dari penelitian ini bahwa pemanfaatan Google Classroom pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Malang dimanfaatkan untuk membagikan dan mengakses materi pembelajaran yang tidak ada di buku pedoman atau buku pegangan peserta didik serta digunakan untuk pengumpulan beberapa tugas seperti ulangan harian, merangkum materi sampai remidial dan memiliki kelebihan mudah diakses serta dapat membantu guru jika berhalangan hadir, yang menjadi kekurannya adalah jaringan internet, kapasitas smartphone serta kurangnya interaksi secara langsung yang membuat kualitas akhlak peserta didik cenderung menurun ketika teralalusering digunakan karena tidak adanya interaksi secara langsung antara peserta didik dan tenaga pendidik.
Kata Kunci: Pemanfaatan Google Classroom, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam