Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang
Abstract
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang merupakan madrasah tingkat menengah yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Malang. Madrasah ini terletak di Jl.Basuki Rahmat No.194 Desa Sepanjang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang meski letaknya di pedesaan, madrasah ini dikenal sebagai madrasah yang memiliki segudang prestasi, baik tingkat Kabupaten, Nasional, maupun Internasional. Hal ini sebagai salah satu cara Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang untuk meningkatkan SDM yang unggul. Selain itu, madrasah ini juga memberikan pelayanan khusus kepada seluruh peserta didiknya sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Sehingga karakter dan kemampuan yang dimiliki tersebut diberi layanan secara maksimal agar mereka dapat menguasai sesuai dengan keahliannya. Keahlian ini akan terus dilatih oleh guru melalui beberapa program yang telah dipersiapkan oleh madrasah. agar mereka mampu mempertanggung jawabkan keahliannya untuk menjadi peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang yang mampu bersaing secara global, mandiri, gotong royong, dan kreatif.
Dalam hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 22 tahun 2020 bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memajukan kebudayaan Bangsa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ingin mendukung bersama-sama visi dan misi Presiden dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila yang sudah digalakkan saat ini. Karena Profil Pelajar Pancasila merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang menjadi profil utamanya. Maka dari sini pentingnya pembentukan Profil Pelajar Pancasila inilah yang dapat menentukan keberhasilan terhadap mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang. Selain itu juga dapat menjadikan peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang ini mampu bersaing secara global, gotong royong, mandiri, dan kreatif sesuai yang diharapakan.
Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang indikator Profil Pelajar Pancasila apa sajakah yang ada dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, proses pembentukan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta hasil Profil Pelajar Pancasila setelah pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang indikator Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, proses pembentukan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, serta hasil Profil Pelajar Pancasila setelah pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan proses tanya jawab secara langsung kepada sumber data, serta metode dokumentasi yang dilakukan untuk mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, laporan, buku, surat kabar, agenda, atau media sosial sejenisnya.
Indikator-indikator Profil Pelajar Pancasila yang muncul dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang ini yaitu dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif. Yang dapat dibuktikan melalui proses pembelajaran di dalam kelas pada jam pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang.
Dalam prosesnya, pembentukan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Pendidikan Agma Islam di Madrasah Tsanawiyah 1 Malang dilakukan melalui proses pemberian asesmen kepada peserta didiknya sebelum proses pembelajaran dilaksanakan. Hal ini digunakan untuk mengetahui kepribadian dan karakteristik belajar siswa agar mampu menerima materi yang disampaikan. Hal ini akan mncul perubahan karakteristik pada siswa apabila telah melakukan kerja sama dan komitmen yang kuat dalam proses pembiasaan dan pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila di madrasah. sehingga dapat emembetuk adat kebiasaan yang baik yang sesuai dengan harapan yang diinginkan. Serta didukung dengan fasilitas-fasilitas yang nyaman, bersih dan memadai untuk melaksanakan prose pembentukan Profil Pelajar Pancasila ini.
Berdasarkan proses yang telah dilakukan diatas, maka hasil profil Pelajar Pancasila setelah melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam diatas dapat dibuktikan melalui hasil pengamatan secara langsung di lokasi penelitian bahwa dimensi Profil Pelajar Pancasila ini akan muncul dengan sendirinya melalui program yang telah direncanakan oleh madrasah yang sesuai dengan capaian dimensi perkembangan sikap Profil Pelajar Pancasila.
Sehingga perlu diperlu diperhatikan sebagai saran-saran dari hasil penelitian diatas yaitu dengan melalkukan upgrading terhadap form lembar penilaian peserta didik agar dapat digunakan sebagai acuan dalam mengetahui perkembangan peserta didik. Memperluas kerja sama yang baik serta memberikan pemahaman lebih lanjut terkait penilaian Profil Pelajar Pancasila terhadap perkembangan peserta didik selama berada di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Malang.
Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Indikator Profil Pelajar Pancasila.