Analisis Faktor Pengaruh Self-Regulated Learning terkait Motivasi Akademik dan Kecemasan Sebelum Ujian Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa
Abstract
Mahasiswa dengan Indeks prestasi yang rendah mengindikasikan
mahasiswa belum menerapkan Self-Regulated Learning (SRL) dalam proses
pembelajarannya. Terdapat banyak dimensi yang membentuk Self-Regulated Learning
(SRL) diantaranya adalah motivasi akademik (positive motivational orientation) dan
kecemasan sebelum ujian (test anxiety). Pada penelitian ini, permasalahan merujuk
pada prestasi akademik mahasiswa yang memiliki variasi tingkatan prestasi,
dikarenakan kendala dalam penerapan Self-regulated Learning. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis faktor SRL yang terkait dengan
motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian terhadap prestasi akademik program
studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Menggunakan desain observasi deskriptif analitik dengan pendekatan cross
sectional. Responden menggunakan sebanyak 175 mahasiswa dengan metode
purposive sampling, berdasarkan kriteria Morgan and Kretjie Table. Mahasiswa
program studi Pendidikan Dokter Universitas Islam Malang kelas 1, kelas 2, dan kelas
3 termasuk kriteria inklusi. Kriteria eksklusinya adalah mahasiswa Pendidikan Dokter
yang cuti akademik dan tidak naik kelas. Analisa data menggunakan SEM (Structural
Equation Model) dengan regresi Partial Least Squares (PLS).