Show simple item record

dc.contributor.authorNokgroho, Iswan Tunggal
dc.date.accessioned2023-08-08T05:30:10Z
dc.date.available2023-08-08T05:30:10Z
dc.date.issued2023-07-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7783
dc.description.abstractModel pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu bentuk pembelajaran yang mendeskripsikan dari awal hingga akhir, dimana disajikan secara khas oleh guru/ pendidik. Model pembelajaran dapat mepermudah menyampaikan pembelajaran terhadap santri, hal ini mengingngatkan bahwasanaya pemilihan model pembelajaran yang tepat khususnya dalam pembelajaran Al-qur’an dapat mempengaruhi hasil belajar yang diinginkan dengan baik. Adanya beberapa metode sangat membantu guru dalam melakukan proses pembelajaran al-qur’an, serta mempermudah para santri dalam memahami pembelajaran al-qur’an dengan fasih dan benar. Sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, dimana peserta didik terbiasa menerapkan membaca al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai keislaman tentunya menekankan dalam penguatan keimanan, akhlak, kejujuran dan sosial yang bersifat vertikal dan horizontal. Pembelajaran yang ada di kampung qur’an Dampit Malang terdapat klasifikasi-klasifikasi usia. Dari konteks penelitian diatas maka peneliti merumuskan fokus penelitian yakni tentang bagaimana perencanaan pembelajaran Al-qur’an berbasis Nilai keislaman di kampung Qur’an Dampit Malang, bagaimana implementasi pembelajaran Al-qur’an berbasis Nilai keislaman di kampung Qur’an, Bagaimana evaluasi pembelajan Al-qur’an berbasis Nilai keislaman di kampung Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang perencanaan pendidikan Al-qur’an berbasis Nilai keislaman di kampung Qur’an, Mendeskripsikan implementasi pendidikan Al-qur’an berbasis Nilai keislaman di kampung Qur’an, Mendeskripsikan evaluasi pendidikan Al-qur’an berbasis Nilai keislaman di kampung Qur’an. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu founder kampung qur’an, guru, dan santri. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Miles, Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa klasifikasi kelompok belajar dari usia dini hingga dewasa dan lansia. Model pembelajaran berbasis nilai keislaman yang terdapat di kampung Qur’an Dampit Malang menggunakan model klasikal dengan metode tilawati, kemudian menggunakan evaluasi formatif dan sumatif, untuk nilai-nilai keislaman yang terejawantahkan dalam kegiatan sosial keagaman.  Kata Kunci : Model Pembelajaran Al-qur’an, Nilai Keislamanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Al-qur’anen_US
dc.subjectNilai Keislamanen_US
dc.titleModel Pembelajaran Al-qur’an Berbasis Nilai Keislaman di Kampung Qur’an Dampit Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record