Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa di MI Torongrejo Klerek Batu
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif dimana peneliti ini menggambarkan keadaan mengenai masalah yang akan diteliti. Sumber data diperoleh dari orang tua dan siswa sumber data juga diperoleh dari berbagai tambahan dan referensi. Dalam proses pengumpulan data menggunakan beberapa metode penelitian yaitu observasi wawancara dan dukumentasi.
Fokus pada penelitian ini bagaimana peran orang tua dalam memotivasi belajar MI di torongrejo klerek batu kedua bagaimana peran orang tua dalam motivasi belajar siswa ketiga bagaimana faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MI di desa torongrejo klerek batu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua dalam memotivasi belajar siswa mendiskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung orang tua dalam memotivasi belajar siswa MI kelas 4 di desa torongrejo
kesimpulan dari Hasil penelitian ini 1) peran orang tua dalam memotivasi belajar dapat dilihat bahwa orang tua berperan sebagai pembingbing belajar anak, 2) peran orang tua dalam motivasi belajar siswa sangatlah cukup baik karena peran orang tua memang bekerja sama dengan para guru 3) faktor pendukung dan faktor penghambat orang tua dalam memotivasi siswa disini hampir sama seimbang banyak pendukung dan penghambat bagi orang tua untuk membingbing anaknya dengan baik. Seperti lingkungan yang tidak mendukung dan pengaruh hp yang tidak baik salah satu faktor penghambat, faktor pendukungnya ada di orang tua.
Kata Kunci : Peran Orang Tua, Motivasi, Siswa