Penerapan Dimensi Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia dalam Penguatan Karakter profil pelajar Pancasila di SMP Islam As – Shoddiq Malang
Abstract
Membicarakan soal karakter adalah hal sangat penting dan mendasar. Karakter merupakan Mutiara hidup yang dapat membedakan anatara manusia dengan binatang. Penguatan karakter melalui profil pancasila ini sangat penting di lakukan, karena anak anak saat ini hidup di zaman digitalisasi dan bahkan jika kita lihat kodisi dilapangan sudah semakin banyak terjadi penurunan nilai karakter peserta didik.
Dari latar belakang di atas maka peneliti mendeskripsikan fokus penelitian, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berbasis integrasi di SMP Islam As-Shoddiq Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan hasil penerapan dimensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam penguatan karakter profil pelajar pancasila di SMP Islam As-Shoddiq Malang
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian, metode wawancara, yaitu pengumpulan data melalui tanya jawab untuk mendapatkan data primer penelitian dan metode dokumentasi, yaitu pencarian data-data yang sudah ada di sekolah.
Dalam perencanaan penerapan dimensi beriman, bertaqwa kepada tuhan YME dan berakhlak mulia dalam penguatan karakter profil pelajar Pancasila di SMP Islam As-Shoddiq Malang meliputi beberapa program yang dilaksanakan yaitu Budaya 5s (Senyum,salam,sapa,sopan,dan santun), Kegiatan pembiasaan keagamaan, kegiatan Khotmil Qur’an, dan yang terakhir program pembinaan guru dan orang tua. Dalam pelaksanaannya di harapkan untuk peserta didik mampu untuk menerapkan apa yang telah di susun di dalam program yang telah di rencanakan. Sehingga dapat menghasilkan penerapan dalam beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam penguatan karakter profil pelajar Pancasila seperti halnya menjadi disiplin waktu, memiliki rasa cinta kepada Al Qur’an, menginternalisasi akhlak beragama dalam kehidupan sehari – hari dan memiliki sifat tolong menolong dan salig menghargai satu sama lain.
Kata Kunci : Penerapan, Dimensi Beriman Bertaqwa, Berakhlak Mulia, Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila