Korelasi Kemandirian Belajar dan Kemampuan Reporting terhadap Nilai Ujian Akhir Blok Mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran Universitas Islam Malang
Abstract
Problem Based Learning (PBL) merupakan metode pembelajaran yang
dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran di Indonesia. Pelaksanaan PBL salah satunya
dengan melakukan tutorial seven jump diantaranya self directed learning dan reporting.
Dua langkah ini berpengaruh pada prestasi mahasiswa Sarjana Kedokteran.
Keberhasilan pelaksanaan PBL dapat diukur melalui penilaian ujian akhir blok (UAB).
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemandirian
belajar dan kemampuan reporting terhadap nilai UAB mahasiswa Sarjana Kedokteran.
Penelitian ini merupakan studi cross sectional yang pengambilan data
menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas darı reliabilitasnya. Responden
merupakan mahasiswa Sarjana Kedokteran tingkat pertama, kedua dan ketiga sejumlah
490 mahasiswa. Analisis korelasi kemandirian belajar dan kemampuan reporting
menggunakan uji Spearman, sedangkan analisis factor yang paling berpengaruh antara
kemandirian belajar dan kemampuan reporting menggunakan uji regresi linear.