Show simple item record

dc.contributor.authorFikriyah, Ima Dewi
dc.date.accessioned2023-08-11T01:28:36Z
dc.date.available2023-08-11T01:28:36Z
dc.date.issued2023-06-17
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7805
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa pada pelajaran Qur’an Hadis. Kebanyakan siswa tidak memperhatikan guru ketika menerangkan di dalam kelas, sehingga siswa tidak memahami pelajaran yang sedang dipelajari. Hal ini dapat terjadi karena tidak adanya media pembelajaran yang menarik minat siswa sehingga siswa menjadi aktif dalam belajar. Guru Qur’an Hadis umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran dalam menjelaskan materi ajar. Metode ini dianggap cocok untuk diterapkan pada mata pelajaran Qur’an Hadis karena mata pelajaran ini membutuhkan penjelasan rinci dari guru. Namun pada kenyataannya, siswa membutuhkan media pembelajaran yang membuat siswa menjadi semangat dan berperan aktif dalam proses pembelajaran, seperti media online liveworksheet. Liveworksheet merupakan salah satu media pembelajaran yang disediakan oleh google secara gratis yang dapat digunakan oleh siapun dan dimanapun. Liveworksheet memiliki berbagai kemudahan dalam penggunaannya sehingga dapat menarik minat siswa untuk belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang baik pula. Dari latar belakang penelitian diatas maka tujuan penelitian ini, yaitu (1) Mendeskripsikan hasil belajar Qur’an Hadis siswa SMP Raden Fatah Kota Batu. (2) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis liveworksheet terhadap hasil belajar Qur’an Hadis siswa SMP Raden Fatah Kota Batu. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan metode kuantitatif dengan bentuk quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII sejumlah 109 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga didapat 58 siswa sebagai sampel. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpalan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired simple t test dengan bantuan IBM SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan, diketahui bahwa (1) Hasil belajar siswa menggunakan liveworksheet pada kelas eksperimen memperoleh nilai posttest dengan rata-rata 82,07. Hasil posttest ini meningkat dari rata-rata nilai pre test. Hasil tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata nilai sebesar 70,48. (2) Ada pengaruh signifikan antara media pembelajaran interaktif berbasis liveworksheet terhadap hasil belajar Qur’an Hadis siswa SMP Raden Fatah Kota Batu. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test yang menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Kata kunci: Media Pembelajaran, Liveworksheet, Hasil Belajar, Qur’an Hadisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectLiveworksheeten_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectQur’an Hadisen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Liveworksheet terhadap Hasil Belajar Qur’an Hadis Siswa SMP Raden Fatah Kota Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record