View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Liveworksheet terhadap Hasil Belajar Qur’an Hadis Siswa SMP Raden Fatah Kota Batu

Thumbnail
View/Open
Publish (1.985Mb)
Fulltext (5.572Mb)
Date
2023-06-17
Author
Fikriyah, Ima Dewi
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa pada pelajaran Qur’an Hadis. Kebanyakan siswa tidak memperhatikan guru ketika menerangkan di dalam kelas, sehingga siswa tidak memahami pelajaran yang sedang dipelajari. Hal ini dapat terjadi karena tidak adanya media pembelajaran yang menarik minat siswa sehingga siswa menjadi aktif dalam belajar. Guru Qur’an Hadis umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran dalam menjelaskan materi ajar. Metode ini dianggap cocok untuk diterapkan pada mata pelajaran Qur’an Hadis karena mata pelajaran ini membutuhkan penjelasan rinci dari guru. Namun pada kenyataannya, siswa membutuhkan media pembelajaran yang membuat siswa menjadi semangat dan berperan aktif dalam proses pembelajaran, seperti media online liveworksheet. Liveworksheet merupakan salah satu media pembelajaran yang disediakan oleh google secara gratis yang dapat digunakan oleh siapun dan dimanapun. Liveworksheet memiliki berbagai kemudahan dalam penggunaannya sehingga dapat menarik minat siswa untuk belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang baik pula. Dari latar belakang penelitian diatas maka tujuan penelitian ini, yaitu (1) Mendeskripsikan hasil belajar Qur’an Hadis siswa SMP Raden Fatah Kota Batu. (2) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis liveworksheet terhadap hasil belajar Qur’an Hadis siswa SMP Raden Fatah Kota Batu. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan metode kuantitatif dengan bentuk quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII sejumlah 109 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga didapat 58 siswa sebagai sampel. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpalan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired simple t test dengan bantuan IBM SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan, diketahui bahwa (1) Hasil belajar siswa menggunakan liveworksheet pada kelas eksperimen memperoleh nilai posttest dengan rata-rata 82,07. Hasil posttest ini meningkat dari rata-rata nilai pre test. Hasil tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata nilai sebesar 70,48. (2) Ada pengaruh signifikan antara media pembelajaran interaktif berbasis liveworksheet terhadap hasil belajar Qur’an Hadis siswa SMP Raden Fatah Kota Batu. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test yang menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Kata kunci: Media Pembelajaran, Liveworksheet, Hasil Belajar, Qur’an Hadis
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7805
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group