Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran TTW Berbasis Media Video National Geographic Indonesia terhadap Hasil Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP Negeri 1 Kromengan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Hal ini diketahui dari hasil observasi dan wawancara dengan siswa maupun guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Kromengan. Kesulitan tersebut antara lain meliputi siswa kurang berminat dalam menulis teks eksplanasi, siswa kurang tanggap terhadap pengajaran yang diberikan oleh guru, media pembelajaran masih kurang menarik, siswa masih kesulitan dalam mengembangkan paragraf teks eksplanasi. Oleh karena itu, peneliti ingin memberikan solusi terkait masalah tersebut dengan menggunakan metode pembelajaran TTW (Think Talk Write) berbasis video National Geographic Indonesia. Metode pembelajaran ini meliputi tiga langkah, yaitu berpikir, berbicara,menulis, dan didasarkan pada media video youtube channel National Geographic Indonesia. Media video yang digunakan padachannel National Geographic Indonesia ada 4 dengan judul antara lain; (1) Bahaya Ozon Bagi Kehidupan Bumi; (2) Menjadi Saksi Dampak Pemanasan Global; (3)Gunung Es Seluas Pulau Bali Hancur dan Mencair; (4) Lumpur Lapindo Penyumbang Emisi Gas Metana Terbesar di Bumi. Video tersebut menjelaskan tentang sebuah proses terjadinya fenomena alam. Hal ini sesuai dengan pengertian dari teks eksplanasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran TTW (Think Talk Write) berbasis media video National Geographic Indonesia memberikan pengaruhterhadap hasil pembelajaran menulis eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kromengan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-experimental One Group Pretest-Posttest Design yaitu satu kelompok yang desain penelitiannya meliputi pretest sebelum pemberian perlakuan dan posttest setelah pemberian perlakuan tanpa kelompok pembanding (kelompok kontrol). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kromengan dengan sampel satu kelompok yaitu kelas VIII F. Instrumen dalam penelitian ini yaitu pemberian tes uraian (esai) berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data hasil tes menggunakan analisis statistik
deskriptif dan uji t (paired sample test) dengan menggunakan perangkat lunak Statistical Product Service Solution (SPSS) versi 20.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil perolehan pretest dan posttest. Nilai rata-rata posttest siswa mengalami perubahan lebih baik daripada nilai pretest. Diperoleh nilai rata-rata pretest 69,03 dan nilai rata-rata posttest 84,51 dan melakukan analisis data dan melakukan uji t dengan melihat nilai signifikannya. Perhitungan nilai signifikansi sig. (2-tailed) 0,000 kurang dari 𝛼 = 0,05, dalam hal ini berarti H1 diterima dan Ho ditolak. Sehingga metode pembelajaran TTW (Think Talk Write) berbasis media video National Geographic Indonesia berpengaruh terhadap hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kromengan.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil pembelajaran menulisteks eksplanasi sebelum menggunakan metode pembelajaran TTW (Think Talk Write) berbasis video National Geographic Indonesia dan setelah menggunakan metode pembelajaran TTW (Think Talk Write) berbasis video National Geographic Indonesia terbukti signifikan secara statistik. Implikasi dari penelitian ini secara praktis dapat dijadikan sebagai salah satusolusi dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kromengan. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan penelitian yang akan dilakukan.
Kata Kunci: Pembelajaran Menulis, Metode Pembelajaran TTW (Think Talk Write), Teks Eksplanasi, Video National Geographic.