Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 02 Singosari
Abstract
Di era Zaman yang sudah cukup berkembang ini, setiap manusia harus
memiliki ilmu yang bisa menjadikan pegangan dan modal didalam hidupnya.
Akan tetapi seiring berkembangnya kemajuan teknologi membuat siswa malas
dan terkadang mengabaikan pelajaran terutama untuk pelajaran PAI, sehingga
membuat para guru sedikit kesulitan dalam memotivasi para siswa dalam mata
pelajaran PAI. Pada penelitian kali ini peneliti ingin melakukan tentang
bagaimana dan seperti apa Strategi seorang guru dalam meningkatkan motivasi
belajar siswa khusunya dalam mata pelajaran PAI. Selain itu peneliti juga mencari
tahu metode apa yang digunakan seorang guru dalam meningkatkan motivasi
belajar seorang siswa.
Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Dimana peneliti
menggunakan data yang diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara,
interview, dokumentasi dan profil sekolah yang didapatkan langsung dari pihak
sekolahan. Objek petama dari penelitian ini adalah guru yang mengajar mata
pelajaran PAI di SMPN 02 Singosari, dan juga beberapa siswa sebagai faktor
pendukung untuk memperoleh kevalidtan data. Maka yang menjadi pegangan
dalam penelitian ini adalah strategi yang diterpakan oleh seorang guru untuk
meningkatkan motivasi seorang siswa.
Sesuai dengan tujuan dari penelitian kali ini, peneliti ingin mengetahui
seperti apa acara guru menerapkan sistem pembelajaran dari seorang guru
kemudian peneliti juga mengamati tentang motivasi yang dimiliki oleh seorang
siswa dalam mengikuti mata pelajaran PAI, setelah itu barulah peneliti melakukan
analisa dan mendeskripsikan hasil dari analisa yang diperolah, disisi lain peneliti
juga mencari tau faktor apa saja yang menghambat motivasi dari seorang siswa
dalam mengikuti mata pelajaran PAI.
Dari hasil penelitian dan pengamatan yang dilakukan pada bulan januari
2020 didapatkan beberpa paparan data, diantaranya, 1) Motivasi belajar yang ada
di SMPN 02 Singosari ini dari hari ke hari mengalami perubahan yang sangat baik
dan jauh lebih baik. Karena guru PAI selalu memperhatikan dan tidak lelah untuk
terus berinovasi memberikan yang terbaik. 2) Strategi interaktif dengan
menggunakan metode Snowball Throwing di SMPN 02 Singosari diantaranya,
Pemberian Nilai Terbaik, Pemberian Hadiah, Memberikan Pujian, Mengadakan
Kompetisi, Menggunakan Metode yang Bervariatif, Memberikan Hukuman yang
Membangun, Memanfaatkan Lingkungan Sekitar dan Sarana Prasarana. 3) Dari
pemaparan diatas dapat dijelaskan bahwa dalam meningkatkan motivasi belajar
khususnya pelajaran pendidikan agama Islam ada beberapa faktor penghambat
seperti, teman sebaya, guru, fasilitas, sarana prasarana, dan kondisi siswa.
Dari beberapa pejabaran diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa
SMPN 02 singosari cukup baikk meskipun masih ada beberapa siswa yang masih
memiliki tingkat motivasi yang rendah dekarenakan beberpa faktor mulai dari
sarana dan prasarana, lingkungan dan teman sebayanya sehingga membuat
motivasi belajar siswa menurun. Akan tetapi para guru memiliki strategi yang
cukup menarik sehingga mampu mengembalikan semangat belajar siswa
khususnya untuk mata pelajaran PAI.