Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun
Abstract
Al-Qur’an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran agama yang sangat
penting untuk dipelajari serta diamalkan sebagai suatu pedoman hidup bagi umat
manusia. Rendahnya motivasi dalam belajar Al-Qur’an menjadi penyebab
rendahnya mutu pendidikan terutama dalam kemampuan membaca dan menulis AlQur’an. Padahal Al-Qur’an diakui sebagai kitab suci dan sebagai pedoman hidup
sehari-hari. Saat ini siswa lebih menyibukkan dengan kegiatan sekolah serta
kegiatan lainnya. Maka untuk itulah, guru Al-Qur’an Hadits di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Kota Madiun mempunyai strategi yang bervariasi dalam proses
belajar mengajar Al-Qur’an Hadits sebagaimana akan menjadi bekal kelangsungan
hidup serta mempertahankan nilai-nilai Agama Islam di masa mendatang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru Al-Qur’an
Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an di MTs Negeri Kota
Madiun dan juga mengetahui penerapan yang digunakan dalam materi
pembelajaran Al-Qur’an Hadits.
Bebarapa permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: 1)
Bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar
Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Kota Madiun. 2) Bagaimana
implementasi strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar
Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Kota Madiun. 3) Kendala dan
solusi strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar AlQur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Kota Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian
yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang
bersifat deskriptif kualitatif. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah kepala
madrasah, waka kurikulum, guru Al-Qur’an Hadits, dan beberapa siswa kelas VIII.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Sedangkan datanya mentah yang diperoleh lalu dianalisis dan
dilakukan pengecekan keabsahan data. Peneliti melakukan pengecekan data dengan
membandingkan data yang diperoleh dengan informan yang berbeda. Disamping
itu peneliti juga melakukan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi serta
bahan referensi. Dengan begitu dapat diperoleh data yang valid.
Adapula Hasil penelitian yang dapat diperoleh oleh peneliti dengan adanya
motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di dalam
kelas dengan menggunakan strategi-strategi yang sudah digunakan oleh guru AlQur’an Hadits. Beberapa strategi yang digunakan oleh guru Al-Qur’an Hadits,
diantaranya: strategi tanya jawab, menghafal, ceramah dan juga menggunakan
multimedia dalam mendukung proses pemahaman siswa di dalam kelas.
Termotivasinya siswa dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits dapat dilihat
dari tingkat antusias dalam menghafal Al-Qur’an dan Hadits, siswa dapat fokus
dalam pelajaran, serta menanggapi adanya tugas.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, kesimpulan yang dapat peneliti
sampaikan bahwasannya seorang guru Al-Qur’an Hadits haruslah memberikan
segala macam motivasi dalam menumbuhkan semangat belajar siswa dalam
membaca dan menulis Al-Qur’an di mata pelajaran Al-Qur’an Hadits apalagi
dengan adanya strategi yang mampu membuat siswa tidak merasakan kejenuhan
dalam belajarnya. Peneliti sarankan agar dilakukan penelitian lanjutan mengenai
strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an
pada siswa kelas VIII.