dc.description.abstract | Dampak kemajuan ilmu dan teknologi berakibat pada kemajuan produsen untuk menghasilkan produk yang beraneka ragam dan selanjutnya mengarah pada kompetisi persaingan pasar yang ketat. Dalam kondisi pasar yang kompetitif, preferensi dan loyalitas pelanggan adalah kunci kesuksesan. Masyarakat mempengaruhi perilaku dan selera konsumen, sehingga konsumen akan semakin kritis dalam melakukan suatu proses keputusan pembelian. Pengaruh perubahan sikap konsumen ini telah menyebabkan bauran pemasaran untuk selalu berusaha mempengaruhi pengenalan produk terhadap konsumennya, mengevaluasi kembali kebutuhan dan keinginan mereka serta membuat inisiatif, kreatif, dan inovatif. Sampai saat ini belum ada penelitian yang membahas secara khusus mengenai pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen produk kopi kapal api. Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kopi dijadikan sebagai komoditas andalan dalam sektor perkebunan Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor kopi Indonesia sepanjang Januari-Agustus 2022 tercatat mencapai USD 698,18 atau naik 45,52% dibandingkan pada bulan januari-Agustus 2021.
Penelitian ini dilakukan dengan 2 tujuan, yang pertama adalah mengetahui bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Kopi Kapal Api di Pasar Terpadu Dinoyo Kota Malang serta mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Kopi Kapal Api di Pasar Terpadu Dinoyo. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan April 2023 berlokasi di Pasar Terpadu Dinoyo Kota Malang, Kecamatan Lowokwaru.
Metode pengambilan sampel (konsumen yang membeli produk kopi kapal api di 4 tokoh perancang) dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu berdasarkan kebetulan siapa saja yang secara kebetulan membeli produk di 4 tokoh perancang yang ada di Pasar Terpadu Dinoyo yang dijadikan tempat penelitian. Jumlah sampel sebanyak 40 responden yang ditentukan menggunakan rumus 5 x 8 variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli dan mengonsumsi produk Kopi Kapal Api. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Kuisioner tersebut meliputi karakteristik dan pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Kopi Kapal Api dengan menggunakan penilaian skor likert.
Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, yang diperoleh pada nilai sebesar 61,8% (Adjusted R Square). Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan variabel mampu menjelaskan pengaruh terhadap keputusan pembelian Kopi Kapal Api. Hasil uji F < 0,05, artinya secara simultan pada variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Kopi Kapal Api. Hasil uju t yang diperoleh adalah variabel yang berpengaruh signifikan < 0,05, meliputi variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses. Pada hasil analisis regresi linear berganda diketahui bahwa 8 variabel yang di uji berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai signifikan pada setiap variabel adalah senilai 0,001 pada variabel produk, senilai 0,001 pada variabel harga, senilai 0,004 pada variabel tempat, senilai 0,001 pada variabel promosi, senilai 0,003 pada variabel orang, senilai 0,002 bukti fisik, senilai 0,000 pada variabel proses.
Kata Kunci : Pengaruh, Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Kopi Kapal Api, Pasar Terpadu Dinoyo Kota Malang | en_US |