Show simple item record

dc.contributor.authorPramesti, Arytoning Regita
dc.date.accessioned2020-12-08T04:51:30Z
dc.date.available2020-12-08T04:51:30Z
dc.date.issued2020-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/791
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu sarana yang bertujuan menguatkan dan meningkatkan sumber daya manusia, sekolah sebagai sektor penting yang turut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam mencapai tujuan pendidikan nasional, diperlukan adanya indikator seperti tercapainya tujuan pembelajaran, hal ini ditandai dengan dorongan motivasi belajar peserta didik. Dorongan motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diteliti yaitu kecerdasan emosional dan kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020 secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi penelitian ini peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020, dengan jumlah sampel 132 peserta didik yang dihitung dengan menggunakan rumus Chocran dan teknik pengambilannya yaitu Simple Random Sampling. Kemudian pengumpulan data menggunakan angket, dan untuk menguji kelayakan instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) kecerdasan emosional berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai signifikansi sebesar 0.031, (2) kepercayaan diri berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, (3) kecerdasan emosional dan kepercayaan diri berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang ditujukan kepada (1) Bagi para pendidik diharapkan memberikan pengarahan tentang motivasi belajar dalam mengembangkan potensi dalam diri peserta didik, tidak mudah menyerah dan meyakini kemampuan yang dimiliki peserta didik, supaya tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan disekitarnya (2) Bagi orang tua lebih memperhatikan, memberikan bimbingan dan dukungan kepada peserta didik agar tidak menimbulkan perilaku yang menyimpang (3) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan topik yang sama, sebaiknya menambah atau meninjau variabel lain yang mempengaruhi motivasi belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKecerdasan Emosionalen_US
dc.subjectKepercayaan Dirien_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record