Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Pramesti, Arytoning Regita
dc.date.accessioned 2020-12-08T04:51:30Z
dc.date.available 2020-12-08T04:51:30Z
dc.date.issued 2020-07-20
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/791
dc.description.abstract Pendidikan merupakan salah satu sarana yang bertujuan menguatkan dan meningkatkan sumber daya manusia, sekolah sebagai sektor penting yang turut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam mencapai tujuan pendidikan nasional, diperlukan adanya indikator seperti tercapainya tujuan pembelajaran, hal ini ditandai dengan dorongan motivasi belajar peserta didik. Dorongan motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diteliti yaitu kecerdasan emosional dan kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020 secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi penelitian ini peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020, dengan jumlah sampel 132 peserta didik yang dihitung dengan menggunakan rumus Chocran dan teknik pengambilannya yaitu Simple Random Sampling. Kemudian pengumpulan data menggunakan angket, dan untuk menguji kelayakan instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) kecerdasan emosional berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai signifikansi sebesar 0.031, (2) kepercayaan diri berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, (3) kecerdasan emosional dan kepercayaan diri berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang ditujukan kepada (1) Bagi para pendidik diharapkan memberikan pengarahan tentang motivasi belajar dalam mengembangkan potensi dalam diri peserta didik, tidak mudah menyerah dan meyakini kemampuan yang dimiliki peserta didik, supaya tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan disekitarnya (2) Bagi orang tua lebih memperhatikan, memberikan bimbingan dan dukungan kepada peserta didik agar tidak menimbulkan perilaku yang menyimpang (3) Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan topik yang sama, sebaiknya menambah atau meninjau variabel lain yang mempengaruhi motivasi belajar. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Kecerdasan Emosional en_US
dc.subject Kepercayaan Diri en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020 en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account