Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu sarana yang bertujuan menguatkan dan
meningkatkan sumber daya manusia, sekolah sebagai sektor penting yang turut
andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam mencapai tujuan pendidikan
nasional, diperlukan adanya indikator seperti tercapainya tujuan pembelajaran, hal
ini ditandai dengan dorongan motivasi belajar peserta didik. Dorongan motivasi
belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diteliti yaitu kecerdasan emosional
dan kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kecerdasan emosional dan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri
26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020 secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
eksplanasi. Populasi penelitian ini peserta didik kelas VIII SMP Negeri 26 Malang
Tahun Ajaran 2019/2020, dengan jumlah sampel 132 peserta didik yang dihitung
dengan menggunakan rumus Chocran dan teknik pengambilannya yaitu Simple
Random Sampling. Kemudian pengumpulan data menggunakan angket, dan untuk
menguji kelayakan instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji
reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi
linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan (1) kecerdasan emosional berpengaruh
terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam
kelas VIII di SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai
signifikansi sebesar 0.031, (2) kepercayaan diri berpengaruh terhadap motivasi
belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP
Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai signifikansi sebesar
0.000, (3) kecerdasan emosional dan kepercayaan diri berpengaruh terhadap
motivasi belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII
di SMP Negeri 26 Malang Tahun Ajaran 2019/2020.
Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang ditujukan
kepada (1) Bagi para pendidik diharapkan memberikan pengarahan tentang
motivasi belajar dalam mengembangkan potensi dalam diri peserta didik, tidak
mudah menyerah dan meyakini kemampuan yang dimiliki peserta didik, supaya
tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan disekitarnya (2) Bagi orang tua lebih
memperhatikan, memberikan bimbingan dan dukungan kepada peserta didik agar
tidak menimbulkan perilaku yang menyimpang (3) Bagi peneliti selanjutnya yang
ingin melakukan penelitian dengan topik yang sama, sebaiknya menambah atau
meninjau variabel lain yang mempengaruhi motivasi belajar.