dc.description.abstract | Materi cerita pendek merupakan materi yang memuat banyak teks, hingga tidak jarang siswa merasa bosan saat mempelajari teks cerita pendek. Apalagi pembelajaran bahasa Indonesia umumnya masih didominasi oleh guru, sehingga pembelajaran menjadi kurang interaktif. Maka dari itu, dalam proses pembelajaran dibutuhkan adanya media pembelajaran yang cocok, guru dituntut untuk mampu menggunakan berbagai media pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan suatu produk media pembelajaran animasi interaktif serta mengetahui keefektifannya. Media pembelajaran animasi interaktif ini dibuat menggunakan aplikasi macromedia flash 8 yang dikhususkan pada materi teks cerita pendek kelas XI SMA Hasyim Asy’ari. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan dengan desain penelitian one group pretest-posttest, dengan subjek uji coba kelas XI IPS SMA Hasyim Asy’ari sebanyak 23 siswa.
Pengembangan produk diawali dengan tahap pendefinisian, dengan menganalisis permasalahan, melakukan analisis kebutuhan, analisi peserta didik, perumusan konsep, tugas dan tujuan. Pada analisis kebutuhan diperoleh hasil 100% pada analisis kebutuhan guru dan 65,2% siswa menyatakan sangat membutuhkan media pembelajaran animasi interaktif menggunakan macromedia flash 8 untuk dapat menarik minat dalam proses pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah tahap perancangan, media pembelajaran animasi interaktif dirancang dengan menggunakan aplikasi macromedia flash 8, canva, remove bg dan convert file. Didalamnya memuat petunjuk belajar, petunjuk penggunaan, KI, KD dan Indikator, tujuan pembelajaran, materi, kuis dan profil pengembang.
Hasil uji coba media pembelajaran animasi interaktif menggunakan macromedia flash 8 materi teks cerpen kelas XI dimulai dengan menvalidasikan media pada para ahli. Hasil dari ahli materi mendapatkan 82%, hasil dari ahli bahasa mendapatkan 78%, hasil dari ahli media mendapatkan 95% dan hasil dari ahli perancang pembelajaran mendapatkan 88%, rata-rata uji kelayakan dari seluruh validator adalah 85,9%. Setelah itu produk diuji cobakan pada kelas XI IPS SMA Hasyim Asy’ari, dengan perolehan rata-rata nilai pretest adalah 65.47, dengan nilai maksimum 84 dan nilai minimum 30, sedangkan rata-rata nilai posstest yaitu 87,21, dengan nilai maksimum 95 dan nilai minimum 70. Adapun rata-rata respon siswa adalah 82,6% dan hasil respon guru adalah 100% dengan kriteria penilaian sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas XI IPS SMA Hasyim Asy’ari, dapat dsimpulkan bahwa media pembelajaran animasi interaktif teks cerita pendek yang dibut dengan menggunakan macromedia flash 8 efektif digunakan dalam pembelajaran materi teks cerpen kelas XI SMA Hasyim Asy’ari. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Hasil tes meningkat dari rata-rata niai pretest dan posttest yaitu 65,47 meningkat menjadi 87,21 dari rata-rata nilai posttest. Berdasarkan hasil uji t sampel berpasangan (paired sample test) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,001 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima, yang menyatakan bahwa media animasi interaktif menggunakan macromedia flash 8 efektif untuk digunakan.
Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru. Membenahi diri sehubungan dengan pengajaran yang telah dilakukan dan hasil belajar siswa yang telah dicapai dengan memperhatikan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Guru dapat lebih kreatif dalam melaksanakan proses belajar mengajar, dapat dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar, sehingga siswa dapat termotivasi dalam belajar.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Animasi Interaktif, Macromedia Flash 8, Cerita Pendek.
| en_US |