View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengembangan Media Animasi Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Teks Cerpen Kelas XI SMA Hasyim Asy’ari

Thumbnail
View/Open
Publish (1.588Mb)
Fulltext (20.89Mb)
Date
2023-07-10
Author
Oktafiani, Hani Fatu Rohmah
Metadata
Show full item record
Abstract
Materi cerita pendek merupakan materi yang memuat banyak teks, hingga tidak jarang siswa merasa bosan saat mempelajari teks cerita pendek. Apalagi pembelajaran bahasa Indonesia umumnya masih didominasi oleh guru, sehingga pembelajaran menjadi kurang interaktif. Maka dari itu, dalam proses pembelajaran dibutuhkan adanya media pembelajaran yang cocok, guru dituntut untuk mampu menggunakan berbagai media pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan suatu produk media pembelajaran animasi interaktif serta mengetahui keefektifannya. Media pembelajaran animasi interaktif ini dibuat menggunakan aplikasi macromedia flash 8 yang dikhususkan pada materi teks cerita pendek kelas XI SMA Hasyim Asy’ari. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan dengan desain penelitian one group pretest-posttest, dengan subjek uji coba kelas XI IPS SMA Hasyim Asy’ari sebanyak 23 siswa. Pengembangan produk diawali dengan tahap pendefinisian, dengan menganalisis permasalahan, melakukan analisis kebutuhan, analisi peserta didik, perumusan konsep, tugas dan tujuan. Pada analisis kebutuhan diperoleh hasil 100% pada analisis kebutuhan guru dan 65,2% siswa menyatakan sangat membutuhkan media pembelajaran animasi interaktif menggunakan macromedia flash 8 untuk dapat menarik minat dalam proses pembelajaran. Tahap selanjutnya adalah tahap perancangan, media pembelajaran animasi interaktif dirancang dengan menggunakan aplikasi macromedia flash 8, canva, remove bg dan convert file. Didalamnya memuat petunjuk belajar, petunjuk penggunaan, KI, KD dan Indikator, tujuan pembelajaran, materi, kuis dan profil pengembang. Hasil uji coba media pembelajaran animasi interaktif menggunakan macromedia flash 8 materi teks cerpen kelas XI dimulai dengan menvalidasikan media pada para ahli. Hasil dari ahli materi mendapatkan 82%, hasil dari ahli bahasa mendapatkan 78%, hasil dari ahli media mendapatkan 95% dan hasil dari ahli perancang pembelajaran mendapatkan 88%, rata-rata uji kelayakan dari seluruh validator adalah 85,9%. Setelah itu produk diuji cobakan pada kelas XI IPS SMA Hasyim Asy’ari, dengan perolehan rata-rata nilai pretest adalah 65.47, dengan nilai maksimum 84 dan nilai minimum 30, sedangkan rata-rata nilai posstest yaitu 87,21, dengan nilai maksimum 95 dan nilai minimum 70. Adapun rata-rata respon siswa adalah 82,6% dan hasil respon guru adalah 100% dengan kriteria penilaian sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas XI IPS SMA Hasyim Asy’ari, dapat dsimpulkan bahwa media pembelajaran animasi interaktif teks cerita pendek yang dibut dengan menggunakan macromedia flash 8 efektif digunakan dalam pembelajaran materi teks cerpen kelas XI SMA Hasyim Asy’ari. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Hasil tes meningkat dari rata-rata niai pretest dan posttest yaitu 65,47 meningkat menjadi 87,21 dari rata-rata nilai posttest. Berdasarkan hasil uji t sampel berpasangan (paired sample test) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,001 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima, yang menyatakan bahwa media animasi interaktif menggunakan macromedia flash 8 efektif untuk digunakan. Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru. Membenahi diri sehubungan dengan pengajaran yang telah dilakukan dan hasil belajar siswa yang telah dicapai dengan memperhatikan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Guru dapat lebih kreatif dalam melaksanakan proses belajar mengajar, dapat dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar, sehingga siswa dapat termotivasi dalam belajar. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Animasi Interaktif, Macromedia Flash 8, Cerita Pendek.  
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7926
Collections
  • UT - Indonesian Language Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group