Strategi Pemasaran Kopi Bubuk PT. Setunggal Coffee (Studi Kasus PT. Setunggal Coffee Merjosari, Lowokwaru Kota Malang)

Show simple item record

dc.contributor.author Nasikin, Muh Khaerun
dc.date.accessioned 2023-09-05T02:54:07Z
dc.date.available 2023-09-05T02:54:07Z
dc.date.issued 2023-08-08
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7958
dc.description.abstract Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang sangat terkenal di dunia. Kopi juga disebut sebagai sebagai bahan minuman penyegar karena mengandung kafein yang dapat memberikan efek penyegar bagi yang menikmatinya. Jenis kopi yang umumnya dibudidayakan di Indonesia terdiri dari jenis Robusta yaitu ± 85-90% dari seluruh produksi kopi di Indonesia, Arabika ± 10-15% dan sedikit dari jenis Liberica. Kopi Robusta lebih disukai oleh masyarakat Indonesia karena dianggap memiliki citarasa yang lebih nikmat dibandingkan Arabika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-fakor internal dan eksternal serta strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Setunggal Coffee dalam meningkatkan penjualan kopi bubuk di Merjosari, Lowokwaru, Kota Malang. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di PT. Setunggal Cofee, penentuan lokasi dengan pertimbangan bahwa PT. Setunggal Coffee merupakan salah satu tempat usaha yang bergerak dibidang jasa dan produk. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara accedintal sampling, yakni secara kebetulan siapa saja yang membeli produk kopi bubuk PT. Setunggal Coffee, di Kota Malang dengan 100 sampel. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuosioners. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. PT. Setunggal Coffee dilihat dari faktor-faktor internal yaitu memiliki kekutan yang kualitas produknya baik, harga yang ditetapkan terjangkau bagi konsumen, memberikan diskon, sumberdayanya memiliki karyawan yang ramah. Memiliki kelemahan yaitu PT. Setunggal memiliki lokasi yang kurang strategis, promosi yang belum dikelola dengan maksimal, kurangnya ketersediaan produk, dan parkiran yang terbatas. Dari faktor eksternal yaitu adanya peluang konsumen berasal dari berbagai kalangan, varian rasa kopi bubuk, Masyarakat Kota Malang banyak menggemari kopi, serta adanya ancaman yang di hadapi yaitu kondisi ekonomi saat ini berpengaruh terhadap permintaan produkdan adanya perusahaan pesaiang sejenis yang menawarkan produk yang sama. Strategi pemasaran PT. Setunggal Coffee dalam meningkatkan penjualan sebagaimana menunjjukan bahwa PT. Setunggal memiliki peluang dan kekuatan yang besar, sehingga perusahaan PT. Setunggal dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan melakukan strategi pengembangan (agresif) agar dapat meningkatkan penjualan produk. Dari analisis SWOT menghasilkan delapan alternatif strategi dan prioritas strategi alternative terpilih yang tepat untuk dijadikan masukan oleh PT. Setunggal dan bisa diterapkan dalam meningkatkan penjualan produk. Saran dari penelitian ini perusahaan disarankan mendaftarkan produknya pada platform e-commers seperti ( bukalapak, lazada, gojek, grab, dll) agar produk kopi dari setunggal coffee lebih dikenal lebih luas lagi tidak hanya dikenal oleh lingkungan sekitar tetapi juga dengan mendaftarkan produk setunggal coffee ke e-commers dapat memperluas penjualan produk ke semua kalangan tidak hanya mahasiswa saja tetapi juga semua golongan karena penikmat kopi bukan hanya dari mahasiswa saja dan mengoptimalkan sosial media yang dimiliki yaitu akun instragram dan juga disarankan memiliki admin khusus untuk mengelola nya dengan tujuan supaya konsumen tidak kesulitan dalam mencari informasi terkait Setunggal Coffee sekaligus sebagai media promosi yang efektif. Disarankan mempertahankan promosi harga pada pembelian tertentu dikarenakan kondisi ekonomi saat ini masih menurun dan banyaknya pesaing sejenis yang menawarkan produk yang sama. mempertahankan sumberdaya manusia dalam pelayanan yang baik agar pelanggan yang datang ke Outlet Setunggal Coffee merasakan kenyamanan. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kopi Bubuk, PT. Setunggal Coffee en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Kopi Bubuk en_US
dc.subject PT. Setunggal Coffee en_US
dc.title Strategi Pemasaran Kopi Bubuk PT. Setunggal Coffee (Studi Kasus PT. Setunggal Coffee Merjosari, Lowokwaru Kota Malang) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account