Pengaruh Relationship Marketing Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Shopee Di Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial
dan mediasi antara hubungan pemasaran dan promosi terhadap
kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Penelitian ini
menggunakan metode non-probability sampling dengan
penyebaran kuesioner secara online sebesar 110 responden. Dan
Teknik analisis penelitian menggunakan Partial Least Square
(PLS) dengan program 3.0. Hasil penelitian menunjukkan secara
parsial hubungan pemasaran dan promosi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan konsumen, hubungan pemasaran
dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas konsumen, Promosi berpengaruh positif namun
tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen
mampu memediasi antara pengaruh hubungan pemasaran
terhadap loyalitas konsumen, sedangkan Kepuasan konsumen
belum mampu memediasi antara pengaruh promosi terhadap
loyalitas konsumen.