Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Social Media Influencer (Studi Kasus Pada Pelaku Ekonomi Kreatif Subsektor Kuliner Garut Raya Jawa Barat)
Abstract
Konsumsi makanan dan minuman merupakan komponen terbesar dalam
konsumsi rumah tangga di Garut. Kondisi ini menjadi peluang bagi pelaku
usaha kuliner untuk menciptakan keunggulan bersaing, kualitas produk, dan
store atmosphere sebagai upaya untuk meningkatan kepuasan konsumen. Perkembangan teknologi mendorong masyarakat menggunakan media sosial
untuk bersosialisasi dan mencari informasi. Social media influencer
merupakan cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalis pengaruh kualitas
pelayanan, kualitas produk, dan store atmosphere terhadap kepuasan
konsumen melalui social media influencer subsektor kuliner di Garut Raya. Jenis penelitian ini menggunakan cause and effect. Populasi penelitian tidak
diketahui secara pasti, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus
chocran dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Sumber data adalah
data primer dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Structural Equation Model Partial Least Square
(SEM-PLS) Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan, kualitas
produk, dan sosial media influencer berpengaruh positif signifikan terhadap
kepuasan konsumen, sedangkan store atmosphere tidak berpengaruh. Kualitas pelayanan dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap
sosial media influencer, sedangkan store atmosphere berpengaruh. Kualitas
pelayanan dan kualitas produk tidak berpengaruh sedangkan store
atmosphere berpengaruh terhadap kepuasan konsumen melalui sosial media
influencer.