Mengembangkan Materi Bahasa Inggris Praktis sebagai Materi Penunjang Belajar untuk Kelas Intermediate Program Bahasa Inggris di MA Bilingual Batu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi Bahasa Inggris praktis
untuk kelas Intermediate di Sekolah Menengah Bilingual Batu. Buku itu
dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan di sekolah tersebut. Oleh karena
itu, buku ini dapat menarik minat siswa untuk belajar bahasa Inggris untuk komunikasi
yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Materi tersebut juga diharapkan dapat
memotivasi siswa untuk berani berbicara Bahasa Inggris.
Penelitian ini mengadaptasi dua model penelitian dan pengembangan: model
Borg dan Gall (1983) dan Dick and Carey (2001). Model yang digunakan dalam
penelitian dan pengembangan ini terdiri dari beberapa langkah; meliputi penelitian dan
pengumpulan informasi, perencanaan, dan pengembangan draf awal, validasi ahli, uji
coba 1, revisi 1, uji coba 2, revisi 2 dan produk akhir.
Materi tersebut merupakan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan. Setelah
mendapatkan data dan informasi kemudian diikuti oleh perencanaan dan penyusunan
bahan yang relevan. Langkah selanjutnya adalah mengembangkan draft awal. Langkah
ini dilakukan dengan menggunakan angket Ada beberapa saran dari guru, dan siswa
terkait perbaikan draft awal sebelum dievaluasi oleh ahli. Terakhir, ahli memberikan
nilai 88 untuk tiga aspek; bahasa, desain, dan isi. Dari hasil uji coba yang dilakukan
oleh guru dan siswa didapatkan beberapa revisi positif untuk perbaikan produk. Nilai
yang didapatkan pada uji coba 2 adalah 92 dari yang semula hanya 88 pada uji coba 1.
Buku Bahasa Inggris praktis ini terdiri dari enam bab, yaitu penyesuaian budaya,
komunikasi non-verbal, hubungan, persahabatan, pendidikan dan olahraga.
Penjelasan di atas menunjukkan bahwa materi tersebut relevan untuk kelas
intermediate di MA Bilingual Batu. Hal tersebut diperkuat dengan hasil uji coba
terakhir yang menunjukkan pendapat positif tentang peningkatan bahan ajar tersebut.
Materi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa untuk belajar Bahasa
inggris untuk kepentingan komunikasi