Pengembangan Media Pembelajaran Tangga Pintar (Smart Stair) pada Materi Satuan Panjang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III di SD Islam Almaarif 01 Singosari
Abstract
Penggunaan media pembelajaran menjadi sangat penting dalam proses belajar mengajar untuk membangkitkan semangat dan minat siswa serta memudahkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada materi satua panjang dengan menggunakan media tangga pintar. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Almaarif 01 Singosari.
Berdasarkan hasil wawancara dapat diketahui bahwa siswa belum optimal dalam memahami materi satuan panjang. Akibatnya siswa masih kesulitan memahami dan mengkonversi satuan panjang dari satuan yang lebih tinggi ke satuan tang lebih rendah maupun sebaliknya. Siswa belum memahami cara mengkonversi satu satuan panjang ke satuan panjang lainnya. Selain itu banyak siswa yang belum hafal urutan satuan panjang di dalam tangga satuan panjang, serta belum maksimalnya pengembangan media khususnya pada materi satuan panjang. Media yang digunakan oleh guru hanya sebatas gambar yang ada pada buku pelajaran saja atau menggambar tangga satuan panjang di papan tulis..
Dari latar belakang penelitian di atas, peneliti merumuskan masalah, yakni tentang pengembangan media pembelajaran tangga pintar pada materi satuan panjang untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta kevalidan dan keefektifan pengembangan media pembelajaran tangga pintar pada materi satuan panjang untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan waawancara, angket, tes, dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini Tangga Pintar Satuan Panjang yang dikembangkan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di SD Islam Almaarif 01 Singosari karena telah memenuhi kriteria kevalidan dan keefektifan media pembelajaran Tangga Pintar Satuan Panjang. Hasil analisis media pembelajaran Tangga Pintar Satuan Panjang yang dikembangkan diperoleh data dari validator, data validasi dari ahli media diperoleh skor 96,67% pada kategori sangat valid dan data validasi dari ahli materi diperoleh skor 92,5% pada kategori sangat valid. Keefektifan media pembelajaran Tangga Pintar Satuan Panjang berdasarkan respon siswa pada uji lapangan utama dengan uji coba skala terbatas diperoleh persentase 90,25% pada kategori sangat efektif. Dengan demikian media pembelajaran Tangga Pintar Satuan Panjang yang dikembangkan efektif. Selain itu media pembelajaran Tangga Pintar Satuan Panjang juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SD Islam Almaarif 01 Singosari dilihat dari hasil pretest dan posttest dengan rata-rata nilai pretest 45,83 dan rata-rata nilai posttest 69,58. Dengan persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 85% dengan kategori sangat tinggi.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran yaitu diharapkan dilakukan penelitian dan pengembangan yang lebih lanjut seperti menguji pengaruh produk yang telah diciptakan terhadap pembelajaran atau bisa juga dengan membuat penelitian dan pengembangan yang serupa dengan materi yang berbeda. Pembuatan media pembelajaran harus dikembangkan lebih lanjut untuk menambah pemahaman siswa terhadap materi dan membuat siswa menjadi lebih bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Media Tangga Pintar, Satuan Panjang, Hasil Belajar