Show simple item record

dc.contributor.authorNisa, Firdauzi
dc.date.accessioned2020-12-11T03:22:22Z
dc.date.available2020-12-11T03:22:22Z
dc.date.issued2020-08-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/820
dc.description.abstractPendidikan membawa peranan yang sangat penting, karena melalui pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi akan mudah diserap. Dalam dunia pendidikan, matematika merupakan bidang ilmu yang bersifat universal dan membawa peranan yang penting. Penggunaan bahan ajar yang tepat dapat membantu meningkatka motivasi belajar peserta didik saat pembelajaran matematika di sekolah. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap guru dan peserta didik kelas XI di SMAN 6 Kota Malang dan MAN Kota Batu, 82% guru menyatakan sangat membutuhkan pengembangan interactive digital book. Sedangkan rata-rata hasil analisis kebutuhan peserta didik menunjukkan bahwa 85% peserta didik menyatakan setuju dengan adanya pengembangan interactive digital book. Berdasarkan hal tersebut, pengembangan interactive digital book dirancang semenarik mungkin dengan mengaitkan materi, soal dan contoh soal dengan kearifan lokal yang ada di Jawa Timur. Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan interactive digital book bermuatan kearifan lokal Jawa Timur menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker berbasis problem solving pada materi program linear untuk peserta didik kelas XI, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan interactive digital book bermuatan kearifan lokal Jawa Timur menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker berbasis problem solving pada materi program linear untuk peserta didik kelas XI, dan (3) mendeskripsikan hasil uji coba pengembangan interactive digital book bermuatan kearifan lokal Jawa Timur menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker berbasis problem solving pada materi program linear untuk peserta didik kelas XI. Peneliti mengacu pada model pengembangan 4D dengan tahapan define, design, develop dan disseminate. Jenis data yang digunakan yakni data kuantitatif berupa lembar instrumen penilaian dan data kualitatif berupa komentar dan saran yang diperoleh dari subjek validasi. Subjek validasi terdiri dari satu ahli materi, satu ahli media, satu ahli desain, satu ahli praktisi dan sepuluh peserta didik kelas XI sebagai user/pengguna. Hasil pengembangan interactive digital book terdiri dari halaman pembuka, inti dan penutup. Halaman pembuka terdiri dari sampul depan, deskripsi produk, petunjuk penggunaan, penyajian KI dan KD, penyajian indikator pencapaian kompetensi, penyajian pengalaman belajar/ tujuan pembelajaran, dan peta konsep. Pada bagian inti terdiri dari materi pengantar, kegiatan belajar 1, 2, 3, dan uji kompetensi. Sedangkan pada bagian penutup terdiri dari daftar pustaka, profil pengembang, dan sampul belakang. Berdasarkan hasil analisis data, interactive digital book yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak oleh para ahli dengan rata-rata 4,2. Sedangkan untuk respon user memperoleh rata-rata 4,3 dan memenuhi keiteria kevalidan. Sehingga perolehan skor berdasarkan penilaian semua subjek validasi terhadap pengembangan interactive digital book bermuatan kearifan lokal Jawa Timur menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker berbasis problem solving pada materi program linear untuk peserta didik kelas XI memperoleh skor 4,25 dengan kriteria valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Produk yang dikembangkan dapat digunakan secara maksimal dengan mengunduh melalui link terlebih dahulu agar dapat dengan cepat mengaksesnya dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan interactive digital book bermuatan kearifan lokal Jawa Timur menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker berbasis problem solving pada materi program linear untuk peserta didik kelas XI diharapkan dapat mendukung peserta didik untuk belajar lebih mandiri dengan menempatkan guru hanya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectinteractive digital booken_US
dc.subjectproblem solvingen_US
dc.titlePengembangan Interactive Digital Book Bermuatan Kearifan Lokal Jawa Timur Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Problem Solving Pada Materi Program Linear Untuk Peserta Didik Kelas Xen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record