Implementasi Metode Habit Forming dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa kelas III SDN 1 Ngenep Kabupaten Malang
Abstract
Pembentukan karakter disiplin dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan pembiasaan. Seseorang yang ingin membentuk karakter disiplin dalam dirinya harus dapat membiasakan dirinya tepat waktu dalam melaksanakan segala aktivitasnya. Dalam pembinaan karakter disiplin tidak hanya melalui aspek pembelajaran saja, akan tetapi bisa dilakukan dalam keseharian siswa selama masih dalam lingkungan sekolah. Hal ini dapat dilihat dari keseharian siswa mulai datang sampai pulang sekolah. Salah satu cara untuk membentuk karakter disiplin bangsa yaitu menerapkan metode habit forming (pembiasaan). Hal itulah yang sudah diterapkan di SDN 1 Ngenep dengan menggunakan metode habit forming atau pembiasaan sebagai cara ampuh untuk menanamkan dan membentuk karakter disiplin siswa-siswi SDN 1 Ngenep.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perencanaan metode habit forming dalam pembentukan karakter disiplin siswa SDN 1 Ngenep, pelaksanaan metode habit forming dalam pembentukan karakter disiplin siswa SDN 1 Ngenep, dan hasil pelaksanaan metode habit forming dalam pembentukan karakter disiplin siswa SDN 1 Ngenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena kualitatif berfokus pada pemahaman yang mendalam, pengembangan teori, pendeskripsian kompleksitas, dan realitas sosial, sehingga metode ini sangat relevan diterapkan pada penelitian ini, dimana penelitian ini mencoba untuk mendeskripsikan realita yang terjadi yaitu implementasi metode habit forming dalam pembentukan karakter disiplin siswa SDN 1 Ngenep. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus, karena peneliti ingin menggali fenomena dan mempelajari secara mendalam hingga mendapatkan hasil atau realitas.
Dari penelitian yang dilakukan memperoleh hasil penelitian yakni sebagai berikut: Pertama, Perencanaan metode habit forming dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas III di SDN 1 Ngenep meliputi beberapa tahap yaitu, mengadakan rapat kerja penentuan program yang akan diterapkan di sekolah, penyusunan rencana pelaksanaan kegiatan yang meliputi langkah-langkah pelaksanaan, dan mengadakan sosialisasi kepada siswa terkait pelaksanaan program beserta tujuan pelaksanaan. Kedua, Pelaksanaan metode habit forming dalam pembentukan karakter disiplin siswa Kelas III di SDN 1 Ngenep melalui penerapan kegiatan rutin, Insidental dan keteladanan. Kegiatan rutin ini meliputi kegiatan baris berbaris, membaca asmaul husna, membaca surah pendek, membaca doa bersama-sama, berbaris di depan kelas sambil bersholawatan menuju mushola, dan melaksanakan sholat dhuha berjamaah, istighosah di hari jumat, jumat bersih, dan pelestarian baju adat dan bahasa. Kegiatan Insidental meliputi membiasakan antri, saling menghormati dan menghargai, meminta izin ketika masuk maupun keluar kelas, dan membuang sampah pada tempatnya. Dan untuk kegiatan keteladanan meliputi siswa harus datang ke sekolah tepat waktu, memakai seragam sesuai dengan kebijakan sekolah dan rajin membaca buku. Ketiga, Hasil pelaksanaan metode habit forming dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas III di SDN 1 Ngenep meliputi siswa menjadi taat pada aturan yang berlaku di sekolah dan terbentuknya kepribadian yang disiplin pada waktu.
Kata Kunci: Habit Forming (Pembiasaan), Pembentukan Karakter Disiplin