Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Kelas 4 di MI Alma’arif 02 Singosari
Abstract
Penanaman nilai-nilai karakter menjadi tujuan utama bagi orang tua dan siswa. Telebih pula dengan perkembangan zaman yang semakin modern terutama era globalisasi seperti saat ini yang mengharuskan keadaan untuk memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan era globalisasi banyak berpengaruh pada tingkah laku anak terutama yang sedang menempuh sekolah tingkat dasar. Pembentukan karakter dilakukan pada tahapan sekolah dasar. Di MI Alma’arif 02 Singosari menjadi salah satu sekolah yang memfokuskan pada pendidikan karakter siswa melalui visi misi Madrasah yaitu membentuk serta mendidik generasi muslim berprestasi, serta memiliki akhlakul karimah, kreatif mandiri, cinta tanah air dan bangsa dengan berpegang teguh pada ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nadliyyah. Sehingga harus dilakukan kajian pada hasil penelitian ini. Penelitian ini mengkaji dua fokus utama yaitu: 1) Bagaimana kondisi karakter kedisiplinan siswa kelas 4 di MI Alma’arif 02 Singosari, 2) Bagaimana Implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa kelas 4 di MI Alma’arif 02 Singosari. Sedangkan metode dalam penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan deskriptif analisis dan jenis penelitian studi kasus. Selanjutnya, Teknik pengumpulan data data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis datanya menggunakan kondensasi data atau penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan kondisi karakter kedisiplinan siswa kelas 4 di MI Alma’arif 02 Singosari, 2) Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa kelas 4 di MI Alma’arif 02 Singosari. Manfaat dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Sebagai pengetahuan mengenai implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa, 2) Bagi lembaga MI Alma’arif 02 Singosari sebagai sumbangsih pemikiran mengenai implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa, 3) Bagi Universitas Islam Malang sebagai upaya dalam meningkatkan kajian keilmuan dan sebagai tugas akhir mahasiswa yang bermanfaat untuk semua orang.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data-data yang diperoleh merupakan sebuah data-data yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif ini menggunakan strategi penelitian lapangan atau studi kasus. Peneliti dalam penelitian ini menjadi istrumen utama. Selain itu, peneliti juga sebagai pengumpul dan penganalisis data, dan sebagai pelapor hasil penelitian. Pengumpulan data melalui observasi yang dilakukan secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data yaitu Teknik analisis data deskriptif dengan menggunakan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dengan menggunakan kredibilita (keterpercayaan), transferability (keteralihan), dependability (ketergantungan), comfirmability (kepastian).
Hasil penelitian di MI Alma’arif 02 Singosari diperoleh sebagai berikut: 1) Pada saat pembelajaran Akidah Akhlak atau pembelajaran pada mata Pelajaran lainnya, masih ditemukan beberapa siswa yang tidak menerapkan sikap disiplin seperti: mengobrol dan bergurau dengan teman ketika guru sedang menjelaskan materi pembelajaran di kelas, tidak mengumpulkan tugas dengan tepat waktu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh guru. 2) Pada saat pembelajaran Akidah Akhlak guru selalu memberikan motivasi serta contoh cerminan karakter disiplin, menerapkan metode pembiasaan kepada peserta didik seperti pengumpulan tugas sesuai dengan waktu yang telah detentukan oleh guru dan berbaris didepan kelas ketika hendak memasuki kelas, dengan adanya pembiasaan tersebut diharapkan dapat melatih kedisiplinan pada peserta didik.
Kata Kunci : Implementasi Pembelajaran, Akidah Akhlak, Karakter Kedisiplinan