Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Pembiasaan Ubudiyah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang
Abstract
Dunia pendidikan termasuk siswa di Madrasah Ibtidaiyah mempunyai karakter, karena pendidikan karakter harus ditanam sejak dini dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknoligi. Hal ini yang melatarbelakangi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang untuk senantiasa dalam membentuk karakter Islami siswa. Upaya dalam membentuk pendidikan karakter inilah dapat ditempuh dengan mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan ubudiyah. Kegiatan pembiasaan ini diterapkan guru untuk membiasakan siswa dengan perilaku terpuj sehingga aktifitasmyang dilakukan terekam secara positif. Pembiasaan ubudiyah tersebut guna untuk membentuk karakter Islami siswa agar menjadi pembiasaan yang baik untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang pembentukan karakter Islami siswa, bentuk-bentuk pembiasaan ubudiyah serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembiasaan ubudiyah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang pembentukan karakter Islami siswa, kemudian mendeskripsikan kegiatan-kegiatan pembiasaan ubudiyah serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor prnghambat dalam pembiasaan ubudiyah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktifitas penelitian yang dilakukan secara otomatis, metode wawancara, yaitu metode pengumpulan data dengan cara tanya jawab dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi, yaitu mencari data yang mengenai hal-hal berupa gambar.
Dalam penelitian ini, pembentukan karakter Islami siswa melalui pembiasaan ubudiyah sudah dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang untuk mewujudkan siswa yang memiliki akhlak yang baik. Pembiasaan ini tidak hanya dilakukan di sekolah saja melainkan juga dilakukan di rumah. Pembiasaan ini didukung oleh Kementrian Agama guna untuk membentuk karakter Islami dengan baik.
Dan berdasarkan pembiasaan ubudiyah yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Malang ini dapat membentuk karakter Islami siswa dan membuahkan hasil yang cukup maksimal. Karena banyak siswa telah terbiasa melakukan hal-hal positif saat dilingkungan rumah maupun sekolah. Dalam pembiasaan ubudiyah inilah banyak yang diterapkan di sekolah khusunya sholat dhuha berjama’ah, sholat fardhu berjamaah, mengaji, amal setiap hari Jum’at dan lain-lain.
Faktor yang mendukung dalam pembiasaan ubudiyah ini adalah adanya buku panduan ubudiyah, dimana siswa mengisi kegiatan-kegiatan ubudiyah yang telah mereka lakukan. Buku panduan inilah yang menjadikan pantauan guru terhadap pembiasaan ubudiyah dalam membentuk karakter Islami siswa. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah kurang luasnya masjid yang menjadikan siswa bergantian dalam melakukan sholat berjama’ah.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu agar tetap menerapkan pembiasaan ubudiyah ini sebagai wujud pembentukan karakter Islami pada siswa serta tetap memotivasi dan mengarahkan siswa untuk membiasakan budaya Islami dengan baik.
Kata Kunci : Karakter, Karakter Islami, Ubudiyah