Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV di MI Nurul Huda 1 Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai program gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa. Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu program yang bisa memperbaiki kemampuan membaca. Program inilah yang nantinya akan menjadi kunci terbentuknya budaya luhur yakni sekolah yang memiliki tata kebiasaan membaca salah satunya di MI Nurul Huda 1. Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda 1 adalah salah satu Madrasah yang telah melakukan tata kebiasaan membaca di dalam kelas dan di luar lingkungan sekolah.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV di MI Nurul Huda 1 Malang? 2) Bagaimana pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV di MI Nurul Huda 1 Malang? 3) Bagaimana evaluasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV di MI Nurul Huda 1 Malang? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV di MI Nurul Huda 1 Malang. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV di MI Nurul Huda 1 Malang. 3) Mendeskripsikan evaluasi gerakan liteasi sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV di MI Nurul Huda 1 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Lokasi penelitian ini di MI Nurul Huda 1 Malang. Sumber data menggunakan sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan data kondensasi, penyajian data, verifikasi dan penarikan Kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini: 1) Perencanaan implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan meningkatkan minat baca siswa kelas IV di MI Nurul Huda 1 Malang yaitu: a) Sekolah mengadakan rapat dengan wali murid b) Perencanaan pelaksanaan GLS di sesuaikan dengan kurikulum K-13 c) Mempersiapkan fasilitas sarana dan prasarana literasi yang lengkap untuk menunjang terlaksananya gerakan literasi sekolah di MI Nurul Huda 1 d) Selalu berkoordinasi dengan wali murid agar peserta didik di biasakan membaca di rumah e) Penerapan GLS di lakukan pada semua mata pelajaran baik itu umum maupun agama. 2) Pelaksanaan implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan meningkatkan minat baca siswa kelas IV di MI Nurul Huda 1 Malang ada beberapa tahapan yang dilakukan yaitu: a) Tahap pembiasaan: Pembangunan fisik sekolah yaitu adanya perpustakaan sekolah yang menyediakan bahan bacaan sebagai penunjang Gerakan Literasi Sekolah dan pembiasaan morning reading atau membaca tiap pagi yang biasanya dilakukan selama 15 menit b) Tahap pengembangan: pengadaan buku pengayaan, koleksi teks cetak, adanya mading majalah dinding c) Tahap Pembelajaran; pembelajaran di dalam dan di luar kelas. 3) Evaluasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan meningkatkan minat baca siswa kelas IV di MI Nurul Huda 1 Malang ; a) melengkapi sarana dan prasarana b) pojok baca c) pemberian reward/hadiah.
Kata Kunci : Implementasi Gerakan Literasi Sekolah, Peningkatan Minat Baca