Strategi Guru dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoyyi Duduksampeyan Kabupaten Gresik
Abstract
Pendidikan karakter merupakan proses dimana guru memberikan, menanamkan, dan membentuk karakter pada peserta didik. Pendidikan karakter perlu ditanamkan pada anak salah satunya adalah membentuk sikap disiplin. Disiplin merupakan suatu prilaku yang menunjukkan tindakan tertib dan patuh pada berbagai aturan dan ketentuan yang ada. Oleh karena itu, kedisiplinan sangat penting untuk membentuk ketertiban, sikap dan prilaku siswa dari segala peraturan yang harus ditaati dan dilaksanakan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam membangun karakter disiplin siswa di Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoyyi Duduksampeyan Gresik, mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam membangun karakter disiplin siswa kelas VI di MI Infarul Ghoyyi, serta solusi yang dilakukan oleh guru dalam membangun karakter disiplin siswa kelas VI di MI Infarul Ghoyyi.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pengumpulan data menggunakan observasi di Madrasah Ibtidaiyah Infarul Ghoyyi, wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan guru kelas, serta dokumentasi yang meliputi data-data yang ada guna memperoleh data yang relevan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, strategi yang dilakukan oleh guru antara lain pembiasaan dan pengaturan rutinitas, penerapan tata tertib dan aturan yang jelas, serta adanya reward dan punishment yang adil. Selain itu, kebijakan sekolah terkait pembentukan karakter disiplin siswa juga berperan penting, seperti kegiatan keagamaan dan ekstrakurikuler. Kedua, dalam proses membangun karakter disiplin siswa terdapat hambatan seperti keterlambatan siswa, penggunaan atribut yang tidak lengkap, mengganggu teman sekelas, sikap tidak patuh, sulit menghafal, dan sulit mengikuti aturan sekolah. Ketiga, solusi yang dapat dilakukan oleh guru dan sekolah untuk mengatasi kendala tersebut antara lain menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi siswa, memberikan sanksi dan penghargaan yang sesuai, mengevaluasi kebijakan sekolah secara berkala, serta melibatkan siswa dan orang tua dalam proses evaluasi.
Kata Kunci: Strategi, Karakter Disiplin, Siswa.