Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Melalui Budaya Sekolah di SDN 01 Ngenep Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang
Abstract
Proses implementasi pendidikan karakter disiplin siswa melalui budaya sekolah menjadi sangat penting dalam membentuk karakter siswa yang lebih baik. Proses tersebut akan menjadi lebih efektif apabila dapat terimplementasi pada individu-individu sejak dini. Demikian halnya pada satuan pendidikan, bahwa dengan bentuk pembiasaan siswa dalam melakukan hal positif dan menumbuhkan sikap disiplin pada peserta didik dapat menciptakan suasana yang kondusif dengan peraturan-peraturan yang ada disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Melalui Budaya Sekolah Di SDN 01 Ngenep. Yang berfokus pada 3 fokus permasalahan dalam penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana perencanaan pendidikan karakter disiplin siswa melalui budaya sekolah diSDN 01 Ngenep, kedua bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter disiplin siswa melalui budaya sekolah di SDN 01 Ngenep, ketiga bagaimana evaluasi pendidikan karakter disiplin siswa melalui budaya sekolah di SDN 01 ngenep.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan empat yakni: mengumpulkan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan empat kriteria yaitu: ketekunan pengamatan, triangulasi dan teman sejawat. Informan penelitian yaitu: kepala sekolah, guru kelas v, guru Pendidikan Agama Islam, siswa.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwasanya implementasi pendidikan karakter disiplin siswa melalui budaya sekolah telah dilaksanakan dengan baik, hanya ada beberapa siswa yang belum maksimal untuk disiplin. Satu dua siswa yang belum disiplin ini dapat diatasi. Melalui perencanaan pembiasaan disiplin, beberapa hal dalam perencanaan pendidikan karakter disiplin adalah sekolah memprogram tata tertib perencanaan pendidikan karakter disiplin tercermin dalam beberapa program antara lain, sekolah memproram 5s, berdo’a bersama dilapangan, sholat dhuha, membaca asmaul husna dan hafalan perkalian dan nama hari, sholat dzuhur, upacara setiap hari senin dan piket kebersihan.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin, Budaya Sekolah