Implementasi Budaya Literasi Membaca Siswa Kelas V MI Nurul Huda 1 Malang
Abstract
Budaya literasi merupakan salah satu program penting yang harus diterapkan di sekolah. Penerapan budaya literasi dapat menunjang keberhasilan kegiatan pembelajaran di sekolah. MI Nurul Huda 1 Malang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan budaya literasi dalam kegiatan sehari-hari. Budaya literasi di sekolah ini diterapkan melalui program pojok baca di setiap kelasnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perencanaan kegiatan budaya literasi membaca siswa kelas V di MI Nurul Huda 1 Malang, pelaksanaan kegiatan budaya literasi membaca siswa kelas V di MI Nurul Huda 1 Malang dan hasil kegiatan budaya literasi membaca siswa kelas V di MI Nurul Huda 1Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di MI Nurul Huda 1 Malang. Penelitian ini menggunakan peneliti sebagai instrumen kunci (researcher as key instrumen). Sumber data pada penelitian terbagi menjadi 2 bagian yakni data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara data sekunder terdiri dari jurnal, penelitian terdahulu, buku dan internet. Teknik pengumpulan data terdiri observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data kualitatif untuk mengkaji hasil penelitian meliputi, kondensasi data, penyajian data dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi data.
Dari penelitian yang dilakukan memperoleh hasil penelitian yakni sebagai berikut. Pertama, perencanaan kegiatan budaya literasi di kelas V meliputi beberapa tahap, (1) penentuan program untuk kegiatan budaya literasi membaca, (2) penentuan waktu pelaksanaan kegiatan budaya literasi membaca dan (3) sarana dan prasarana pelaksanaan kegiatan literasi membaca. Kedua, pelaksanaan kegiatan budaya literasi membaca yang terdiri dari tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Ketiga, hasil kegiatan budaya literasi membaca di kelas V MI Nurul Huda 1 Malang yang terdiri dari peningkatan pemahaman siswa, peningkatan kelancaran membaca siswa dan peningkatan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Budaya, Implementasi, Literasi Membaca