Pengaruh Lifestyle, Product Feature Dan Price Terhadap Consumer Satisfaction Melalui Purchasing Decisions Sebagai Variabel Intervening (Pada Pengguna Smartphone Iphone Di Kota Malang)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak
langsung pengaruh lifestyle, product feature dan price terhadap consumer
satisfaction melalui purchasing decisions sebagai varibel intervening (pada
pengguna smartphone iPhone di Kota Malang). Penelitian ini berjenis
penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini masyarakat di Kota Malang yang menggunakan
Smartphone iPhone yang tidak diketahui jumlahnya dengan sampel
penelitian sebanyak 90 responden dengan menggunakan metode teknik
nonprobability sampling yaitu snowball sampling. Pengujian analisis data
dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi PLS (Partial Least Square).
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh antara lifestyle
terhadap purchasing decisions. Lifestyle tidak berpengaruh terhadap
consumer satisfaction. Price tidak berpengaruh terhadap consumer
satisfaction. Product feature dan price berpengaruh signifikan terhadap
purchasing decisions. Product feature dan purchasing decisions berpengaruh
signifikan terhadap consumer satisfaction. Lifestyle tidak mempengaruhi
consumer satisfaction melalui purchasing decisions. Product feature dan
price berpengaruh signifikan terhadap consumer satisfaction yang dimediasi
oleh purchasing decisions. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk
menambah sampel penelilitan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal
atau memilih objek yang berbeda serta bisa mengganti variabel yang ada
seperti loyalitas, niat beli ulang dan strata sosial untuk memberikan
gambaran yang luas mengenai faktor yang berpengaruh terhadap keputusan
pembelian. Dan bagi prusahaan Penelitian ini diharapkan dapat menjadi
bahan masukan untuk pihak yang terkait dalam meningkatkan minat beli dan
keputusan pembelian konsumen seperti mengikuti jalur strategis yang baik
dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi
konsumen dalam melakukan keputusan pembelian.