Strategi Guru Tahfiz dalam Pendidikan Al Qur’an di SMP IT Daar El Qur’an Pakis Malang
Abstract
Strategi guru adalah cara bagaimana guru dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan dengan optimal, baik dari perencanaan maupun pelaksanaannya, karena guru sebagai pendidik yang professional dan mempunyai tanggung jawab yang besar di dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mengetahui kegiatan perencanaan pendidikan Al Qur’an di SMP Islam Terpadu Daar El Qur’an Pakis Malang. 2) Mengetahui kegiatan pelaksanaan pembelajaran pendidikan Al Qur’an di SMP Islam Terpadu Daar El Qur’an Pakis Malang. 3) Menegetahui evaluasi kegiatan pendidikan Al Qur’an di SMP Islam Terpadu Daar El Qur’an Pakis Malang.
Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan metode untuk pengumpulan data yang dipakai adalah: 1 ) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Informan peneliti yaitu kepala sekolah SMP Islam Terpadu, Guru tahfiz SMP Islam Terpadu, dan Siswa SMP Islam Terpadu.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pengembangan program kelas tahfiz sudah baik dengan adanya perencanaan yang sudah disiapkan mulai awal diantaranya yaitu persiapan dari pihak sekolah, tes baca Qur’an, pembagian kelas untuk peserta didik, dan memulai dari juz 30. 2) Pelaksanaan program pendidikan Al Qur’an sudah terlaksana setiap hari senin sampai jum’at mulai pukul 06.45 sampai 08.00 yang meliputi: muroja’ah, metode talaqqi, dan setor hafalan. 3) Evaluasi program pendidikan Al Qur’an sangat mempengaruhi pada perkembangan siswa dan setoran siswa, dibuktikan dengan adanya ujian perbulan dan ujian setiap semesteran baik ujian tengah semester maupun ujian akhir semester.
Kata Kunci : Strategi, Guru Tahfiz, Pendidikan Al Qur’an