Implementasi Pogram Penguatan Pendidikan Karakter Islami pada Siswa di SMP Negeri 9 Malang
Abstract
Runtuhnya moral saat ini juga berdampak negatif terhadap nilai dan sikap remaja saat ini, ini di karenakan banyak faktor yang mempengaruhi, dan salah satu faktor yang paling kuat adalah penggunaan gadget pada anak usia sekolah menengah pertama yang mana mereka mudah sekali terpengaruh dalam perkembangan tren dan sosialisasi yang ada di media sosial. Sehingga orang tua harus ekstra dalam mendidik anak di rumah. Turunnya etika dan moral ini juga membuat sekolah harus bekerja sangat keras dalam mendidik dan menyampaikan ilmu pengetahuan kepada para peserta didiknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 9 Malang, (2) Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 9 Malang, (3) Evaluasi program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 9 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik analisis data, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, wawancara mendalam, diskusi ahli, diskusi dengan teman sejawat, triangulasi teknik, triangulasi sumber, triangualasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 9 Malang diantaranya yaitu dengan yang pertama adalah pembentukan tim ppk yang mana tim ppk ini sebagai pelaksana dalam program penguatan penddikan karakter, menganalisis konteks lingkungan di lihat apakah SDM nya memadai, sarana prasarananya mendukung dan juga adanya nggaran, kemudian RKS setiap kegiatan yang akan di jalankan dalam lingkungan sekolah harus di tuangkan kedalam RKS, yang keempat yaitu mengadakan sosialisasi kepada para pemangku kepentingan pendidikan baik itu guru, wali murid ataupun peserta didik. Adapun sosialisasi diadakan agar para pemangku pendidikan memahami apa saja atau kegiatan apa saja yang di lakukan sekolah dalam lingkup satu tahun ke depan, di sosialisasikan kepada pemangku pendidikan saat kegiatan MPLS atau saat awal ajaran baru di mulai. (2) Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 9 Malang Program penguatan pendidikan karakter di laksanakan dengan metode pembiasaan dalam kegiatan sehari – hari ketika berada dalam lingkungan sekolah, bentuk kegiatan tersebut adalah adanya membaca doa di awal pembelajaran, membaca al fatihah, asmaul husna, membaca doa akhir pembelajaran adanya kegiatan tadarus Al – Qur’an setiap hari kamis, kegiatan tartil, sholat dhuhur berjamaah, sholat jumat, pondok ramadhan, kegiatan PHBI (peringatan hari besar islam), ada jumat imtaq, jumat sehat, jumat bersih, dalam hal pelaksanaan penguatan pendidikan karakter ini dengan strategi diantaranya: keteladanan, kegiatan spontan, teguran, pengkondisian lingkungan, kegiatan rutin, sarana atau media yang digunakan dalam pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter adalah semua sarana prasarana yang ada di sekolah boleh di gunakan dalam pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter, pelaksana dalam pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter adalah Kepala sekolah, Tim PPK, dan bapak ibu dewan guru. (3) Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 9 Malang. Dalam kegiatan evaluasi pemguatan pendidikan karakter dilakukan setiap tiga bulan sekali, metode dalam evaluasi program tersebut dengan diskusi dan hasilnya jika ada yang perlu perbaikan akan langsung di tindak lanjuti sesuai dengan pembicaraan dalam diskusi, evaluasi ini dilaksanakan oleh kepala sekolah Tim PPK dan bapak ibu dewan guru, jadi melalui kegiatan evaluasi ini ada peningkatan atau perubahan dari yang sebelumnya.
Kata Kunci: Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter, Karakter Islami