Pendidikan Kenabian dalam Persepektif Imam Al-Ghazali (Studi kitab Ayyuhal Walad karya Imam Al-Ghazali)
Abstract
Setiap hal dalam kehidupan tidak terlepas dari pendidikan. Al-Ghazali menuliskan nasihat kepada muridnya, untuk dijadikan pedoman peserta didik yang mencari ilmu dan bisa dijadikan pendidikan dalam mendidik peserta didik . Nasihat tersebut dijelaskan dalam kitab Ayyuhal Walad. Semakin majunya peradapan dan masuknya berbagai budaya asing, dibutuhkan penguatan karakter kepribadian anak didik dengan pendidikan kenabian yang ditawarkan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad.
Penelitian pustaka ini bertujuan untuk mendikripsikan konsep, nilai-nilai pendidikan kenabian dalam kitab Ayyuhal Walad dan relevansinya pendidikan kenabian dengan pendidikan islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Analisis isi (Content Analysis), dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library reseach).
Konsep Pendidikan Kenabian dalam kitab Ayyuhal Walad menurut Imam Al-Ghazali yaitu: pendidikan kenabian dalam beribadah, pendidikan kenabian dalam berinteraksi, pendidikan kenabian membentuk karakter peserta didik yang khaira ummah, karakter guru dalam mengejarkan ilmu pengetahuan . Nilai Pendidikan Kenabian tercangkup dalam empat sifat nabi Muhammad SAW yaitu shidiq, amanah, tabligh, fathonah. Pendidikan kenabian menurut Imam Al-Ghazali mempunyai relevansi dan kesesuaian dengan pendidikan Islam. Baik dari segi tujuan, anak didik, materi dan metode antara pendidikan kenabian dengan pendidikan islam mempunyai relevansi yang kuat. Bahkan bisa disimpulkan bahwa pakar pendidikan modern lebih banyak mengambil teori yang ditulis Imam Al-Ghazali.
Kata Kunci : Pendidikan, Kenabian, Al-Ghazali