Strategi Guru dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII MTs NU Miftahul Huda Ledug Prigen
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk manusia sebab makna pendidikan diartikan sebagai usaha manusia untuk mengembangkan potensi-potensi manusia yang diwariskan secara turun menurun kepada generasi-generasi mendatang sebagai bentuk usaha manusia dalam melestarikan hidupnya. Usaha manusia untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut dilakukan dengan berbagai macam, salah satunya ialah kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, guru memiliki peranan yang sangat penting didalamnya. Peran guru di sekolah tidak hanya sebagai seseorang yang hanya menjelaskan materi pembelajaran saja kepada siswa melainkan juga ikut serta dalam mengembangkan potensi-potensi siswa dan merancang pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut guru dituntut untuk memiliki keahlian dalam tugasnya, sehingga guru harus bisa mengupayakan keahliannya agar mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu upaya guru dalam mengupayakan hal tersebut biasanya diupayakan dengan mempersiapkan strategi pembelajaran yang bisa memotivasi siswa untuk dapat mencapai tujuan tertentu. Strategi pembelajaran tersebut diterapkan oleh guru Akidah Akhlak di MTs NU Miftahul Huda Prigen melalui beberapa metode dan media pembelajaran sebagai bentuk guru untuk menyiasati siswa yang kurang memperhatikan gurunya saat di kelas.
Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs NU Miftahul Huda Ledug Prigen? (2) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs NU Miftahul Huda Ledug Prigen? (3) Apa saja kendala pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs NU Miftahul Huda Ledug Prigen?
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs NU Miftahul Huda Ledug Prigen, (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs NU Miftahul Huda Ledug Prigen, dan (3) Untuk mendeskripsikan kendala pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs NU Miftahul Huda Ledug Prigen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus dan desain deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di MTs NU Miftahul Huda Ledug Prigen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pada data dilakukan dengan cara penyederhanaan data yang penting kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber dan data.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti mengenai “Strategi Guru dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIII MTs NU Miftahul Huda Ledug Prigen” dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs NU Miftahul Huda Ledug Prigen direalisasikan melalui beberapa perencanaan berupa perancangan RPP, penyiapan bahan ajar, penggunaan media dan metode pembelajaran. Namun pada pelaksanaannya guru masih menemukan beberapa siswa yang tidak bersemangat dalam pembelajaran Akidah Akhlak sehingga menjadikan pengaruh dalam keterhambatannya tujuan yang efektif dan efisien. (2) Strategi guru dalam menyiasati kegiatan pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Miftahul Huda Ledug Prigen menggunakan beberapa metode pembelajaran berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, problem based learning, dan demonstrasi. Guru juga menggunakan media pembelajaran berupa alat permainan edukatif. (3) Kendala dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MtsNU Miftahul Huda Ledug Prigen yaitu kurangnya semangat belajar siswa, kondisi atau situasi yang tidak nyaman, dan materi yang sulit dan banyak menjadikan kurun waktu yang lama dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru, Akidah Akhlak