Implementasi Metode Drill dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al- Qur’an di Madrasah Tsanawiyah At-Taraqqie Putri Malang
Abstract
Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai seorang pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik dengan mempelajari keterampilan dan pengetahuan tentang materi pelajaran. Pembelajaran yang dikatakan baik jika seorang guru berhasil meningkatkan motivasi belajar dan menjadikan siswa yang aktif, kreatif, dan mampu mencapai tujuan.
Adapun alasan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu di MTs At- Taraqqie Putri Malang belum semua siswa di sekolah tersebut mengusai cara belajar membaca Al-Qur'an dengan baik, masih ada sedikit yang merasa kesulitan membaca Al-Qur'an ataupun tidak faham mengenai ilmu tajwid. Sedangkan pembelajaran baca tulis Al-Qur'an ini juga termasuk dalam program pelajaran yang penting, agar mereka mampu dan mengerti tentang dasar-dasar membaca Al-Qur'an. Dan salah satu faktor yang menyebabkan siswa tidak mampu membaca Al-Qur'an adalah kurangnya perhatian dari orang tua mengenai pembelajaran baca tulis Al-Qur'annya, kurangnya praktik membaca Al-Qur'an di rumah, sehingga dengan ditemukan masalah tersebut peneliti mencoba menerapkan metode drill dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an pada siswa, agar nantinya siswa akan dilatih terus-menerus, diberikan bimbingan secara mendalam, dan dibina melalui pendekatan secara individual, dan faktor penghambat tersebut dapat ternetralisir dengan baik dan berkurang sedikit demi sedikit.
Adapun tujuan peneliti ini adalah ingin mengetahui apakah penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis pada mata pelajaran Al- Qur'an. Dan untuk mengetahui bagaimana membaca Al-Qur'an setelah penerapan metode drill mata pelajaran Al-Qur'an siswa kelas 7C MTs At-Taraqqie Putri Malang tahun pelajaran 2022-2023.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur'an siswa kelas 7C MTs At-Taraqqie Putri Malang telah menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode drill berjalan secara efektif dan efisien. Hal ini dilihat dari sikap dan keantusiasan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dari hati ke hari. (2) Metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa dalam belajar Al- Qur'an meningkat dan tingkat kelancaran siswa dalam membaca Al-Qur'an juga meningkat dari 2 pertemuan secara perlahan. (3) Siswa lebih aktif dalam penulisan, mencari berbagai hukum bacaan dari ayat - ayat Al- Quran tersebut.
Kata Kunci: Implementasi, Metode Drill, Baca Tulis Al-Qur’an