Implementasi Media Pembelajaran Spin The Wheel dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media pembelajaran spin the wheel dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang. Media pembelajaran spin the wheel dirancang untuk mendorong interaksi siswa dengan konten pembelajaran melalui permainan atau aktivitas putar roda, dengan harapan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini membahas tentang implementasi media pembelajaran spin the wheel. Peneliti merumuskan 3 tujuan penelitian diantaranya: Mendeskripsikan perencanaan, implementasi dan evaluasi penggunaan media pembelajaran spin the wheel dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripif kualtitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan-catatan, buku, dan lain sebagainya.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan pada implementasi media pembelajaran spin the wheel dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang maka disajikan kesimpulan sebagai berikut: Perencanaan penggunaan media pembelajaran spin the wheel pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang, guru menyiapkan RPP, menyiapkan metode dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pelajaran, dan menyiapkan absensi siswa
Implementasi media pembelajaran spin the wheel mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang yaitu guru membagi menjadi tiga tahap proses kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan ini, dan kegiatan penutup. Mendorong interaksi siswa dengan pembelajaran melalui permainan. Membuat siswa merasa senang dan tidak bosan. Membuat siswa tidak jenuh dalam proses pembelajaran. Serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Evaluasi penggunaan media pembelajaran spin the wheel dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang yaitu guru melakukan tes evaluasi berupa evaluasi lapangan praktik. Menguji media spin the wheel kepada beberapa siswa dan kelas dengan menggunakan pretest dan posttest untuk mengevaluasi pembelajaran siswa serta tingkat pemahaman atau wawasan siswa.
Kata Kunci: Implementasi, Media Spin The Wheel, Hasil Belajar Siswa.