Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Baca-Tulis Al-Qur’an di SMKN 4 Malang
Abstract
Mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar dibutuhkan guru yang dapat membantu proses dalam mempelajari Al-Qur’an. Guru yang mengajarkan Al-Qur’an khususnya guru PAI, hendaknya dapat memberikan strategi yang efektif dalam mengembangkan pembelajaran Al-Qur’an sebagai media untuk belajar Al-Qur’an khususnya di institusi pendidikan. Sehingga diharapkan peserta didik mampu meningkatkan kemampuannya dalam baca tulis Al-Qur’an. Permasalahan yang sedang dihadapi dalam pembelajaran Al-Qur’an, khususnya pembelajaran Al-Qur’an di SMKN 4 Malang saat ini adalah kurangnya antara keseimbangan dan harapan dari pembelajaran Al-Qur’an. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil penelitian sementara oleh peneliti, yang menunjukkan permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMKN 4 Malang, seperti kurang tercapainya kemampuan peserta didik SMKN 4 Malang dalam baca-tulis Al-Qur’an.
Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti menjabarkan fokus penelitian yakni tentang perencanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa SMKN 4 Malang, pelaksanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa SMKN 4 Malang, dan hasil strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa SMKN 4 Malang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa SMKN 4 Malang, pelaksanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa SMKN 4 Malang, dan hasil dari strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa SMKN 4 Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya melalui langkah-langkah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verification (penyimpulan data).
Dalam penelitian ini ditemukan perencaanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa SMKN 4 Malang melalui tahapan-tahapan, yaitu mengidentifikasi kemampuan peserta didik, merencanakan strategi, menetapkan strategi, menetapkan indikator keberhasilan. Kemudian dalam pelaksanaannya, strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa, pelaksanaannya, ditemukan beberapa proses yang diterapkan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di SMKN 4 Malang, yaitu: tahapan mengajar, pendekatan mengajar, penggunaan prinsip mengajar. Sedangkan strategi guru PAI yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa SMKN 4 Malang, yakni strategi dalam membaca Al-Qur’an menggunakan metode hafalan, dan strategi dalam menulis Al-Qur’an menggunakan metode drill. Hasil dari strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca-tulis Al-Qur’an: peserta didik SMKN 4 Malang sudah mengalami peningkatan dalam membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai tajwid, peserta didik SMKN 4 Malang sudah mengalami peningkatan dalam menulis Al-Qur’an dengan lancar dan baik.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana bagi lembaga sekolah diharapkan agar memberikan waktu khusus untuk meningkatkan dan mengembangkan pelaksanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca-tulis Al-Qur’an agar tujuan dari strategi guru PAI dapat berjalan maksimal, bagi guru PAI diharapkan untuk lebih cermat dalam menganalisa kemampuan peserta didik, agar dapat memberikan strategi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan baca-tulis Al-Qur’an siswa SMKN 4 Malang, bagi peserta didik hendaknya lebih bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam belajar meningkatkan kemampuan baca-tulis Al-Qur’an.
Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan, Baca Tulis Al Qur’an