Show simple item record

dc.contributor.authorKurnia, Laila Tasa
dc.date.accessioned2023-10-13T07:09:17Z
dc.date.available2023-10-13T07:09:17Z
dc.date.issued2023-07-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8315
dc.description.abstractPendidikan merupakan sebuah wadah dalam mengembangkan, menumbuhkan potensi diri, akan semakin baik ataupun semakin banyak jangkauannya tidak hanya pada di ruang kelas tetapi juga di lingkungan masyarakat. Setiap pendidikan memiliki karakteristik dalam pembelajaran yang diunggulkan, dengan adanya sekolah yang menggabungkan mata pelajaran umum dan agama. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan pembelajaran yang dapat memberikan output besar kepada siswi. Dari latar belakang di atas maka peneliti mendeskripsikan fokus penelitian, yakni perencanaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran berbasis integrasi di MTs Attaraqqie Klojen-Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran berbasis integrasi di MTs Attaraqqie Klojen-Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian, metode wawancara, yaitu pengumpulan data melalui tanya jawab untuk mendapatkan data primer penelitian dan metode dokumentasi, yaitu pencarian data-data yang sudah ada di sekolah. Dalam penelitian ini, perencanaan yang dilakukan oleh guru adalah pembuatan perangkat pembelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013, penerapan pembelajaran dengan strategi cooperative learning dan contextual teaching and learning dengan melakukan kegiatan awal yaitu pengenalan mengenai materi dan memberi kesiapan siswi dalam fisik dan psikis, kegiatan inti dengan penyampaian materi metode ceramah dengan diselingi tanya jawab dan diskusi kelompok dengan diberikan suatu permasalahan yang ada di lingkungan sekitar, lalu pada kegiatan akhir melakukan ulasan kembali mengenai materi dan penugasan. Evaluasi yang dilakukan guru, yaitu evaluasi sumatif dan formatif, secara tes dan non tes. Pengukuran hasilnya akan dituangkan dalam buku nilai dan penilaian sikap berdasarkan nilai-nilai Pancasila, sikap takwa dan taat kepada perintah Allah dan Rasul untuk mencapai ridho-Nya serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Penerapan, Pembelajaran Berbasis Integrasi, Mata Pelajaran PAI-BP, Mata Pelajaran PKNen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPenerapanen_US
dc.subjectPembelajaran Berbasis Integrasien_US
dc.subjectMata Pelajaran PAI-BPen_US
dc.subjectMata Pelajaran PKNen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Berbasis Integrasi pada Mata Pelajaran PAI-BP dan PKN di MTs Attaraqqie Klojen-Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record