View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Pembelajaran Berbasis Integrasi pada Mata Pelajaran PAI-BP dan PKN di MTs Attaraqqie Klojen-Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.707Mb)
Fulltext (4.985Mb)
Date
2023-07-14
Author
Kurnia, Laila Tasa
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah wadah dalam mengembangkan, menumbuhkan potensi diri, akan semakin baik ataupun semakin banyak jangkauannya tidak hanya pada di ruang kelas tetapi juga di lingkungan masyarakat. Setiap pendidikan memiliki karakteristik dalam pembelajaran yang diunggulkan, dengan adanya sekolah yang menggabungkan mata pelajaran umum dan agama. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan pembelajaran yang dapat memberikan output besar kepada siswi. Dari latar belakang di atas maka peneliti mendeskripsikan fokus penelitian, yakni perencanaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran berbasis integrasi di MTs Attaraqqie Klojen-Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran berbasis integrasi di MTs Attaraqqie Klojen-Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian, metode wawancara, yaitu pengumpulan data melalui tanya jawab untuk mendapatkan data primer penelitian dan metode dokumentasi, yaitu pencarian data-data yang sudah ada di sekolah. Dalam penelitian ini, perencanaan yang dilakukan oleh guru adalah pembuatan perangkat pembelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013, penerapan pembelajaran dengan strategi cooperative learning dan contextual teaching and learning dengan melakukan kegiatan awal yaitu pengenalan mengenai materi dan memberi kesiapan siswi dalam fisik dan psikis, kegiatan inti dengan penyampaian materi metode ceramah dengan diselingi tanya jawab dan diskusi kelompok dengan diberikan suatu permasalahan yang ada di lingkungan sekitar, lalu pada kegiatan akhir melakukan ulasan kembali mengenai materi dan penugasan. Evaluasi yang dilakukan guru, yaitu evaluasi sumatif dan formatif, secara tes dan non tes. Pengukuran hasilnya akan dituangkan dalam buku nilai dan penilaian sikap berdasarkan nilai-nilai Pancasila, sikap takwa dan taat kepada perintah Allah dan Rasul untuk mencapai ridho-Nya serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Penerapan, Pembelajaran Berbasis Integrasi, Mata Pelajaran PAI-BP, Mata Pelajaran PKN
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8315
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group