dc.description.abstract | Nilai-nilai Aswaja sangatlah penting untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada lingkungan sekolah. Pada fase remaja saat ini, siswa sangat mudah terpengaruh pergaulan bebas dari lingkungan luar sekolah. Jika pada saat ini siswa tidak dibimbing untuk mengimplementasikan nilai-nilai Aswaja, siswa akan merugi di masa depannya nanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Nilai-Nilai-Aswaja pada Siswa SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini teknik dalam mengumpulkan data ada tiga macam yakni, dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik uji keabsahan data yaitu dengan menggunakan metode triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis pada penelitian kualitatif yaitu reduksi data, paparan data, dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: nilai-nilai Aswaja yang dikembangkan di SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi yakni nilai Tawassuth, Tasamuh, Tawazun, dan I’tidal. Dan Implementasi nilai-nilai Aswaja pada siswa SMP Global Islamic School Al-Amin Gondanglegi yakni nilai Tawassuth, Tasamuh, Tawazun, dan I’tidal.
Terdapat dua faktor yang menjadi kendala dalam implementasi nilai-nilai Aswaja pada siswa yakni disebabkan oleh kurangnya ilmu pada penerapan nilai I’tidal sehingga menyebabkan siswa sering terlambat datang ke sekolah dengan berbagai macam alasan, serta disebabkan oleh tidak adanya mata pelajaran Aswaja di sekolah, sehingga siswa kurang mengerti dengan nilai-nilai Aswaja sekalipun dapat mengimplementasikannya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi serta memberikan pengalaman terhadap pendidik mengenai implementasi nilai-nilai Aswaja pada siswa.
Kata Kunci: Implementasi, Nilai-Nilai, Aswaja | en_US |